Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock, Item Populer di Rumah Modern

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 12 Maret 2024 14:01
Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock, Item Populer di Rumah Modern
Lebih banyak manfaatnya apa kekurangannya nih alat satu ini?

Jika kita berkunjung ke hotel, ke rumah dengan konsep smart home, pasti sudah nggak asing dengan Smart Door Lock. Ya, rata-rata, alat ini memang digunakan di tempat yang sudah menggunakan konsep modern.

Diakui atau tidak, Smart Door Lock ini memang sangat memudahkan pengguna. Misal nih, kamu nggak pelu lagi ke mana-mana membawa kunci ataupun kamu bisa membatasi siapa saja yang bisa mengakses dan masuk ke dalam rumah.

Tetapi bagaimanapun, tetap ada kelebihan dan juga kekurangan yang ada pada Smart Door Lock ini. Selengkapnya, mari kita simak ulasan artikel di bawah ini. Jangan lupa untuk baca sampai habis ya!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Smart Door Lock © Diadona© Freepik.com

Smart Door Lock Adalah?

Jadi, Smart Door Lock adalah sistem keamanan pintu pintar yang terintegrasi dengan perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Smart Door juga memungkinkan pengguna untuk membuka atau mengunci pintu rumah dengan mudah tanpa harus menggunakan kunci tradisional. Kamu hanya perlu menggunakan autentikasi berupa pin, sidik jadi, ataupun karti khusus.

Smart Door Lock ini di zaman moderns ini seperti sudah menjadi primadona untuk penggunaan di rumah. Selain karena teknologi yang canggih, ini juga cocok dengan konsep rumah Smart Home.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Smart Door Lock © Diadona© Freepik.com

Cara Kerja Smart Door Lock

Kemudian, Smart Door Lock ini mempunyai sistem kerja dengan menggunakan kombinasi sistem elektronik dan mekanik untuk mengontrol akses ke dalam rumah. Yaitu dengan sistem yang lebih canggih seperti kunci elektronik, pembaca sidik jari, atau pembaca kartu.

Untuk detail cara kerjanya kurang lebih seperti ini. Saat seseorang mendekati pintu, mereka harus terlebih dahulu melewati proses autentikasi melalui cara yang telah terdaftar sebelumnya, seperti memasukkan kode PIN atau menggunakan pembaca sidik jari.

Lalu, setelah proses autentikasi selesai, pintu digital akan memverifikasi data yang dimasukkan dengan data yang telah terdaftar sebelumnya dalam memori sistem. Jika verifikasi berhasil, pintu digital akan membuka kunci dan memungkinkan orang tersebut untuk masuk.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Smart Door Lock © Diadona© Freepik.com

Kelebihan Smart Door Lock

Tujuan utama menggunakan kunci Smart Door Lock tentu saja masalah keamanan yang jadi lebih terjamin. Namun ada juga loh keuntungan atau kelebihan dari alat ini.

Tidak Perlu Membawa Kunci Fisik

Pertama, dengan menggunakan Smart Door Lock, kamu dapat membuka pintu rumah tanpa perlu menggunakan kunci fisik. Ini memudahkan kamu karena tidak perlu khawatir tentang kunci yang hilang atau tertinggal.

Bisa Monitor Rumah dari Jarak Jauh

Kemudian, beberapa sistem Smart Door Lock memungkinkan kamu memantau kondisi pintu rumah hanya melalui ponsel kamu. kamu dapat memeriksa apakah pintu terkunci dengan benar atau tidak, bahkan ketika kamu berada di luar rumah.

Bisa Mengatur Izin Akses

Ketiga, kamu dapat mengatur izin akses untuk siapa saja yang dapat membuka pintu. Misalnya, kamu dapat memberikan kode akses khusus untuk anggota keluarga atau tamu yang sering datang.

Sistem Perlindungan Ganda

Selanjutnya, Smart Door Lock menggunakan kombinasi sistem elektronik dan mekanik, sehingga memberikan perlindungan ganda. Selain itu, beberapa model juga memiliki alarm yang akan berbunyi jika ada upaya masuk yang mencurigakan.

Bisa Terbuka Otomatis Ketika Kebakaran

Terakhir nih, beberapa Smart Door Lock dapat terhubung dengan sistem kebakaran di rumah. Jika terjadi kebakaran, pintu dapat terbuka otomatis untuk memudahkan evakuasi.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Smart Door Lock © Diadona© Freepik.com

Kekurangan Smart Door Lock

Namun, selain semua kelebihan yang ada, Smart Door Lock tetap memiliki kekurangan yang harus kamu jadikan pertimbangan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Harga Mahal

Smart door lock memiliki harga yang lebih tinggi daripada kunci pintu tradisional. Pertimbangkan anggaran yang kamu miliki sebelum memutuskan untuk memasang atau membelinya.

Harus Menggunakan Jasa Profesional

Pemasangan dan perbaikan smart lock saat terjadi kesalahan mungkin memerlukan bantuan dari orang yang ahli di bidangnya. Hal ini berbeda dengan kunci pintu tradisional yang bisa kita pasang sendiri.

Perlu Perawatan Berkala

Kemudian, yang juga harus kamu jadikan perhatian adalah perawatan yang dibutuhkan alat ini. Jadi, kamu harus rajin mengecek daya baterai secara berkala agar Smart Door Lock tetap berfungsi dengan baik.

Rawan Lupa Kode

Kode PIN untuk akses rumah harus terus diingat. Jika lupa, kamu tidak bisa membuka pintu rumah. Untuk antisipasi hal tersebut, kamu bisa menuliskannya PIN di notes smartphone atau menuliskannya di kertas lalu simpan di dompet.

Jadi itu ya Diazens beberapa kelebihan dan kekurangan Smart Door Lock yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat buat kita ya!

Beri Komentar