7 Elemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial Modern, Moms Sudah Tahu Belum?

Reporter : Ayu
Sabtu, 5 Juni 2021 15:00
7 Elemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial Modern, Moms Sudah Tahu Belum?
Mau menerapkan konsep industrial dalam hunian? Pelajari dulu beberapa ciri dan elemen dasarnya ya Moms!

Konsep desain industrial belum lama ini memang masih begitu happening ya Moms. Tak heran, penerapan konsep interior ini di dalam rumah tentu membutuhkan keberanian.

Gaya industrial sendiri juga sering dianggap sebagai gaya unik yang identik dengan konsep interior yang banyak diterapkan pada cafe atau beberapa bangunan komersial, seperti halnya pada ruang-ruang perkantoran. Sementara untuk bangunan residensial sendiri, ia sangat jarang dipakai.

Berbicara mengenai industrial, hal ini adalah menekankan soal ekspos. Ya, benar banget. Konsep ini menekankan elemen-elemen struktural dari sebuah bangunan yang dipamerkan.

1 dari 9 halaman

Industral juga memerlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi, belum selesai, tetapi tampak sangat kohesif dan edgy. Kini, rumah dengan konsep interior industrial mulai umum digunakan.

Rumah-rumah bergaya industrial ini memerlihatkan ketegasan. Ia diidentifikasi dari penggunaan material dan elemen berbahan dasar metal, berwarna emas dan tembaga, dinding bata ekspos, lantai semen atau beton, bahkan terakota, serta penampilan dengan kesan unfinished.

2 dari 9 halaman

Interior Industrial Modern

Dikutip dari Interiordesign.id pada Sabtu (5/6/2021), gaya interior industrial sendiri lahir dari kebutuhan untuk mengonversi sebuah bangunan tua seperti pabrik atau sebuah lumbung tua menjadi hunian atau tempat tinggal yang sangat kondusif dan nyaman. Mendesain bangunan lama seperti itu tentu membutuhkan kejelian serta teknik dan mekanik yang mumpuni.

Berikut adalah beberapa elemen dasar dan ciri khusus desain interior industrial modern yang harus Moms kenali.

3 dari 9 halaman

1. Pipa, Balok, dan Langit-langit Terbuka

Elemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial ModernElemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial Modern © Interiordesign.id

Elemen ini adalah benar-benar merupakan ciri khas desain interior industrial. Meninggalkan elemen struktural dan mekanik yang terbuka; yang dalam gaya interior lain selalu disembunyikan, menjadi langkah paling berani. Soal ekspos elemen struktural sendiri, ini menjadi satu hal yang sangat unik dan banyak digemari, terutama dalam interior rumah-rumah kekinian.

4 dari 9 halaman

2. Perpaduan kayu dan Logam/Metal

Interaksi tekstur kayu dengan permukaan kasar dan metal atau logam berkilau, sedikit berwarna hitam, warna emas, atau tembaga merupakan ciri lain dari desain industrial. Perpaduan logam dan kayu ini akan memberi dampak yang tidak terduga pada setiap ruang di dalam rumah.

Aksen krom pada kaki meja, plus kayu rustic khas, adalah visualisasi perabotan industrial yang harus Moms miliki jika menginginkan suasana unik dan atraktif ala modern-industrial.

5 dari 9 halaman

3. Pilihan Warna

Elemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial ModernElemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial Modern © Interiordesign.com

Untuk mendapatkan suasana industrial, pilihan warna hitam gelap. Moms juga bisia tuh memilih warna abu dan warna-warna netral yang tegas juga sangat membantu menghadirkan kehangatan dan ciri kahs gaya industrial. Warna abu biasanya menjadi pilihan paling pas.

6 dari 9 halaman

4. Dinding

Dinding bata ekspos adalah fitur menakjubkan yang dimiliki oleh gaya industrial. Kekhasan yang melekat menampilkan visual yang sangat atraktif. Dinding bata ekspos saat ini bahkan banyak diadaptasi ke dalam gaya interior lainnya.

7 dari 9 halaman

5. Lantai

Untuk tetap memerhatikan nuansa industri, interior rumah bergaya industrial banyak memilih dan menggunakan lantai beton yang dipoles. Ini adalah pilihan praktis sekaligus ekonomis, yang cocok sekali dengan tema.

Kasar, ketidaksempurnaan, dan tambalan bisa membuat sedikit perbedaan. Dan efeknya sangatlah menakjubkan. Sementara buat Moms yang ingin menambahkan beberapa kontras dan kehangatan ke dalam interior bergaya industri, pilihan material kayu atau batu adalah hal yang bagus.

8 dari 9 halaman

6. Pencahayaan

Elemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial ModernElemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial Modern © Interiordesign.com

Pencahayaan adalah salah satu aspek yang menantang dan bsia dibilang susah gampang menerapkannya. Namun jangan khawatir, ada banyak sekali pilihan pencahayaan yang tersedia saat ini.

Instalasi lampu atau pencahayaan digunakan secara bebas di seluruh ruangan bergaya industri. Lampu track menjadi pilihan terbaik untuk penerangan sekitar.

9 dari 9 halaman

7. Dekorasi

Semua elemen struktural yang terekspos tidak akan berarti banyak jika tidak diimbangi dengan sentuhan lembut beberapa dekorasi dan penggunaan perabotan khas gaya industrial.

Sofa mewah, bantal, atau bahkan karpet, dapat memberikan keseimbangan visual yang kontras dan menarik. Peletakan tanaman juga dapat membawa kehangatan dan kesegaran ke dalam rumah gaya industrial kontemporer.

Selera akan gaya kebutuhan interior industrial memang sangatlah beragam dan tak sama dari satu orang ke orang lainnya. Namun, jika Moms sudah paham betul apa saja elemen dan ciri yang melekat pada hunian berkonsep industrial, maka akan sangat membantu sekali untuk mengadopsi konsep ruangan ini. semoga menginspirasi ya Moms!

Beri Komentar