Beda Proses Membersihkan dan Mendisinfeksi, Moms Wajib Tahu nih!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 4 Oktober 2021 17:04
Beda Proses Membersihkan dan Mendisinfeksi, Moms Wajib Tahu nih!
Berikut adalah perbedaan keduanya. Simak yuk!

Membersihkan rumah sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Terlebih di masa krisi dan pandemi corona yang hingga kini masih dirasakan.

Istilah disinfeksi dan sanitasi mungkin juga sudah mulai akrab di telinga kita Moms. Namun, tahukah kamu bahwa kata membersihkan dan mendisinfeksi sebenarnya berbeda? Dilansir dari US Center of Disease Control (CDC), berikut perbedaan antara kegiatan membersihkan dan mendisinfeksi.

1 dari 5 halaman

Membersihkan (Cleaning)

Membersihkan atau cleaning adalah kegiatan untuk menyingkirkan atau menghilangkan kuman, bakteri, dan kotoran dari suatu permukaan atau objek. Ketika membersihkan sesuatu, Moms dapat menggunakan air dan sabun (atau deterjen) untuk menyingkirkan kuman dan bakteri dari permukaan atau objek tersebut.

Proses membersihkan tidak selalu membunuh kuman dan bakteri. Tapi tetap dapat membantu mengurangi jumlahnya dan menurunkan risiko penyebaran penyakit.

2 dari 5 halaman

Mendisinfeksi (Disinfecting)

Mendisinfeksi atau disinfecting merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di suatu permukaan atau objek. Proses disinfeksi dilakukan dengan cara menggunakan bahan-bahan kimia (atau disinfektan) untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di permukaan atau objek tersebut.

3 dari 5 halaman

Beda Proses Membersihkan dan Mendisinfeksi © Diadona

Berkebalikan dengan proses membersihkan, proses disinfeksi tidak selalu membersihkan permukaan yang kotor dan menyingkirkan kuman. Namun, jika proses ini dilakukan setelah membersihkan suatu permukaan atau objek, risiko penyebaran penyakit juga dapat diturunkan.

4 dari 5 halaman

Ketika membicarakan soal kebersihan, tentu Moms sering mendengar istilah sanitasi atau sanitizing. Sanitasi sendiri adalah proses untuk menurunkan jumlah kuman dan bakteri hingga mencapai tingkat yang aman pada suatu permukaan dan objek.

5 dari 5 halaman

Penurunan jumlah kuman dan bakteri yang dianggap aman tersebut sudah diatur menurut standar atau syarat kesehatan. Proses sanitasi bisa dilakukan melalui proses membersihkan atau mendisinfeksi suatu permukaan atau objek untuk menurunkan risiko penyebaran penyakit.

Bagaiman Moms, sekarang sudah paham kan perbedaan keduanya? Tetap selalu jaga kebersihan dan semoga kita dihindarkan dari segala macam penyakit.

Beri Komentar