Penyebab Insomnia yang Kerap Dialami Ibu Hamil

Reporter : Riza Umami
Kamis, 26 Desember 2019 15:31
Penyebab Insomnia yang Kerap Dialami Ibu Hamil
Apakah saat hamil kamu mengalami susah tidur? Ketahui beberapa alasannya berikut ini.

Apakah kamu mengalami susah tidur ketika hamil? Sebuah survei yang telah dilakukan menyatakan ada 80 persen wanita hamil yang mengalami susah tidur meskipun minimal hanya sekali. Terkadang posisi tidur saat hamil ini memang sedikit kurang nyaman, sehingga tidur pun jadi tak nyenyak.

Dilansir dari laman Boldsky (01/11), ada beberapa hal yang menyebabkan insomnia ketika hamil, antara lain yaitu:

1 dari 5 halaman

Gerakan bayi

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Bayi yang bergerk-gerak di dalam kandungan bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu tidur. Jika kamu orang yang mudah terbangun karena hal-hal kecil, maka gerakan bayi ini bisa cukup mengganggumu, meski ia hanya melakukan gerakan-gerakan kecil di dalam perutmu, yang bisa membuatmu terbangun dan akhirnya susah tidur kembali.

2 dari 5 halaman

Stres

ilustrasi hamil © Diadona

Kamu mungkin bisa stres saat hamil karena berbagai masalah seperti memikirkan biaya untuk persalinan, atau juga masalah yang tengah kamu hadapi dengan si calon ayah dari bayi dalam kandunganmu. Namun, stres ini bisa menjadi salah sau penyebab kamu mengalami susah tidur.

3 dari 5 halaman

Kram di bagian kaki

Kram Kaki © Diadona

Selama kehamilan kamu mungkin akan merasa kram atau nyeri di bagian kaki. Ini adalah hal yang wajar karena kaki harus menopang tubuh di mana juga ada bayi di dalam kandunganmu yang menambah berat yang harus ditopang kaki. Kram pada kaki ini bisa membuatmu terganggu saat tidur atau jadi sulit tidur.

4 dari 5 halaman

Beser

Saat sedang hamil wajar saja jika kamu beser. Sebentar-sebentar ke kamar mandi, tentu hal ini akan mengganggu tidurmu. Cara mudah yang bisa kamu lakukan yaitu mengurangi minum saat hendak tidur agar kamu tidak bolak-balik ke kamar mandi dan bisa tidur dengan nyenyak.

5 dari 5 halaman

Makanan

Apa yang kamu makan juga bisa menjadi penyebab dari insomnia yang kamu alami misalnya yaitu makanan yang mempunyai rasa kopi atau mungkin kamu minum kopi. Tentu kandungan di dalam kopi ini bisa membuatmu tetap terjaga dan jadi susah tidur, sehingga kamu perlu menghindari minuman dan makanan tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu susah tidur saat sedang hamil. Kalau kamu pernah mengalaminya tulis di bawah ini, ya!

Beri Komentar