5 Ide Menata Kamar Sempit dengan Metode 'KonMari' ala Jepang, Anak Kost Wajib Coba nih!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 7 Desember 2020 13:20
5 Ide Menata Kamar Sempit dengan Metode 'KonMari' ala Jepang, Anak Kost Wajib Coba nih!
Berbenah rumah akan jadi lebih menyenangkan dengan metode 'KonMari'.

Kamar yang bersih dan tertata rapi adalah dambaan semua orang khsusunya para cewek. Tak khayal, banyak cara dilakukan untuk membuat ruang kamar yang sempit terasa nyaman saat disinggahi. Namun, apa jadinya jika di kamar kamu terlalu banyak barang, sampai-sampai mungkin kamu sendiri sebagai pemilik kamar kost bingung melihatnya. Bisa jadi, saking banyaknya barang di dalam ruangan, kamu sampai lupa apakah barang tersebut sudah difungsikan ataukah belum.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa merapikan aneka barang dengan metode KonMari. Metode ini diinisiasi oleh Marie Kondo yang berasal dari Jepang. Melalui bukunya yang berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing", ia memberikan aneka solusi berbenah rumah dengan hasil yang rapi parah.

1 dari 6 halaman

Terbilang unik, metode ini sangat bertolak belakang dengan cara menata rumah pada umumnya. Bagaimana tidak, kamu diharuskan untuk menyortir barang dan yang boleh disimpan hanyalah barang yang dapat memberikan kesan bahagia saat menyentuhnya. Sedangkan, barang yang tidak memberikan kesan bahagia harus dibuang.

Lalu, apa saja yang perlu diperlukan untuk menerapklan metode KonMari Ini? Berikut informasi selengkapnya yang telah Diadona ulas dari Yukepo pada Senin (7/12/2020).

2 dari 6 halaman

1. Simpan Barang yang Membuat Bahagia dan Jual Sisanya

Menata Kamar Sempit dengan Metode KonMari © Diadona

Menyimpan barang yang membuatmku merasa membahagiakan dan menjual sisa barang lainnya. Kamu bisa memulai dengan menyeleksi barang satu per satu dengan benar. Pegang barang tersebut dan rasakan apakah barang itu bisa memberikan kesan bahagia atau tidak. Jika ya, maka bisa disimpan. Jika tidak, maka kamu bisa menjualnya sebagai barang prelove.

3 dari 6 halaman

2. Kategori Barang dalam KonMari

Menata Kamar Sempit dengan Metode KonMari © Diadona

Kelompokkan barang menjadi beberapa kategori dengan list yang Diadona tayangkan di atas. Hal ini dilakukan supaya hasil lebih maksimal. Tak perlu selesai secara bersamaan, kamu bisa mencicil misalnya minggu ini berbenah pakaian, maka kumpulkan semua pakaian yang ada di rumah, lalu sortir satu persatu. Minggu depan kamu jadwalkan untuk berbenah buku, begitu pun seterusnya hingga barang terakhir benar-benar rapi dan sesuai kategori.

4 dari 6 halaman

3. Menyimpan Barang Sesuai Kategori

Menata Kamar Sempit dengan Metode KonMari © Diadona

Simpan barang sesuai kategori juga menjadi salah satu poin untuk menerapkan Metode 'KonMari" ini. Dengan cara ini, akan sangat memudahkanmu saat akan menemukan barang yang akan digunakan. Nah, setelah digunakan, jangan lupa untuk mengembalikannya sesuai tempat semula, ya.

5 dari 6 halaman

4. Trik Melipat Pakaian dengan Bentuk Vertikal

Menata Kamar Sempit dengan Metode KonMari © Diadona

Saat menata pakaian, disarankan untuk melipatnya secara vertikal dan letakkan berdasarkan warnanya bisa dari cerah ke gelap, atau sebaliknya. Dijamin deh, kondisi lemari serta tempat penyimpanan pakaian lainnya jadi makin rapi serta indah dipandang karena kombinasi warna yang tertata begitu apik.

6 dari 6 halaman

5. Kardus Bekas untuk Menyimpan Barang

Menata Kamar Sempit dengan Metode KonMari © Diadona

Gunakan kardus bekas untuk menyimpan alat make up. Hal ini akan sangat bermanfaat sekali. Selain mengurangi keberadaan kardus yang tak terpakai, juga sekalian bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih berguna. Hasilnya pun juga tak kalah dengan tempat penyimpanan yang terbuat dari plastik, kayu, dan material lain kok. Misalnya seperti pada gambar penyimpanan make up ini yang tertata rapi juga sangat simple. Gak ada lagi tuh barang berserakan. Maka dari itu, wajib dicoba ya!

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menata kamar sempit jadi lebih luas dengan menyortir barang tak terpakai. Semoga bermanfaat ya!

 

Beri Komentar