4 Tips Simpel Menjaga Pintu Masuk Rumah Tetap Bersih Meski Musim Hujan

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 23 November 2021 17:31
4 Tips Simpel Menjaga Pintu Masuk Rumah Tetap Bersih Meski Musim Hujan
Gak ada lagi rumah kotor di musim hujan Moms.

Musim hujan yang hingga kini makin intens terjadi di Indonesia tentu membuat rumah semakin lembap. Tak khayal, beberapa area akan menjadi basah khususnya di pintu masuk.

1 dari 5 halaman

Selain bikin seseorang jadi mudah tergelincir, area pintu masuk yang licin juga akan membuat tampilan depan rumah menjadi lebih kotor. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membuat pintu rumah tetap kering dan bersih.

Alhasil, potensi terpeleset di tersebut dapat dikurangi Moms. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengutip dari Livspace, simak yuk!

2 dari 5 halaman

1. Hadirkan Rak Sepatu Terbuka

Menjaga Pintu Masuk Rumah Tetap BersihMenjaga Pintu Masuk Rumah Tetap Bersih © Thespruce.com

Ubah lemari tertutup dan rak sepatu di pintu masuk dengan yang terbuka Moms. Cara ini akan membuat alas kaki lebih mudah kering. Selain itu, Moms juga dapat mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur. Gunakan juga bola kamper, bola naftalena, atau daun nimba untuk menghilangkan kelembaban.

3 dari 5 halaman

2. Pemanfaatan Keset

Letakkan keset besar di depan pintu agar setiap orang dapat membersihkan sepatu terlebih dahulu sebelum masuk. Sebaiknya, gunakan keset dari karet atau sabut saat musim hujan tiba. Hal ini lebih cepat menyerap air daripada kain biasa.

4 dari 5 halaman

3. Tirai tipis

Menjaga Pintu Masuk Rumah Tetap BersihMenjaga Pintu Masuk Rumah Tetap Bersih © Diynetwork.com

Selain visualnya yang cantik dilihat, tirai juga memungkinkan ventilasi yang baik karena rumah cenderung menjadi pengap selama musim hujan. Manfaatkan sinar matahari yang terputus-putus dengan tirai tipis. Hal ini juga dapat membuat bagian interior rumah Moms bisa selalu kering.

5 dari 5 halaman

4. Perhatikan Anak dan Beri Edukasi

Jika Moms memiliki anak, latihlah mereka biar rajin membersihkan diri atau tidak mengizinkan mereka masuk dengan pakaian yang kotor sebelum memasuki rumah. Jika rumah memiliki lebih dari satu pintu masuk, maka pastikan mereka hanya menggunakan salah satu pintu tertentu untuk masuk dan keluar ya. Tentu saja hal ini akan membatasi jumlah tempat masuknya kotoran ke dalam rumah.

Nah, itulah tadi beberapa tips simple untuk menjaga area pintu masuk rumah selalu bersih dan terhindar dari kelembaban selama musim hujan. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar