Ketahui Ukuran Ideal Garasi 2 Mobil, Begini Tips Pembangunan di Lahan Terbatas

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 22 November 2021 17:00
Ketahui Ukuran Ideal Garasi 2 Mobil, Begini Tips Pembangunan di Lahan Terbatas
Mobil aman terlindungi Moms.

Tak bisa dipungkiri kalau masyarakat urban kini kebanyakan memiliki 2 mobil untuk menunjang berbagai aktivitas mereka. Alhasil, keberadaan garasi sangatlah penting diperhatikan. Lalu, berapa ya kira-kira ukuran garasi 2 mobil yang paling ideal?

Pada setiap rumah, kepemilikan 2 mobil atau lebih biasanya akan berbeda jenis. sebagai misal, mobil tipe hatchback seperti Toyota Yaris atau Honda Jazz yang peruntukannya untuk kebutuhan sehari-hari guna menunjang aktivitas pekerjaan. Sementara itu, penghuni rumah juga kerap memiliki mobil khusus keluarga berjenis MPV semisal Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan sebagainya

1 dari 6 halaman

Ukuran Ideal Garasi Mobil

Jika demikian, maka perhitungan ukuran garasi yang ideal tentu saja patut Moms perhitungkan. Hal ini lantaran, kedua jenis mobil itu mempunyai dimensi yang berbeda pula.

Dengan asumsi itu, maka ukuran garasi bisa dikalikan 2 dari lebar mobil yang memiliki dimensi terbesar. Jadi, semisal Moms memiliki mobil Toyota Avanza dan Honda Jazz, maka wajib memerhatikan dimensi dari mobil Toyota Avanza (dimensinya lebih besar).

Ukuran Ideal Garasi 2 MobilUkuran Ideal Garasi 2 Mobil © 99.co

Adapun ukuran ideal garasi mobil Toyota Avanza setidaknya memerlukan lahan 5,6 x 2,8 x 2,8 meter. Nah, selanjutnya lebar garasi dikalikan 2 sehingga ukuran garasi untuk 2 mobil yang Moms butuhkan adalah panjang 5,6 meter, lebar 5,6 meter, dan tinggi 2,8 meter.

2 dari 6 halaman

Ukuran Garasi Dibuat Berbentuk Persegi

Selain menggunakan metode perhitungan seperti pada poin pertama, beberapa pakar juga menyarankan ukuran garasi mobil dibuat berbentuk persegi. Adapun ukuran panjang dan lebar masing-masing 6 meter sedangkan tingginya disesuaikan dengan tinggi kendaraan yang dimensinya paling besar.

Moms bisa leluasa ketika hendak membuka pintu depan dan pintu belakang karena adanya ruang lebih. Selain itu, adanya jarak 80 sentimeter di antara kedua mobil juga memberikan manfaat supaya ketika satu pintu mobil dibuka, tak akan mengenai bodi mobil lainnya.

3 dari 6 halaman

Siasati Lahan Terbatas

Garasi MobilGarasi Mobil © Shutterstock.com/g/studiovin

Lahan terbatas menjadi permasalahan yang kerap menghantui banyak orang terkait ukuran garasi 2 mobil yang ideal. Namun, tenang saja karena Moms bisa melakukan kiat atau siasat sehingga hal ini bisa teratasi.

4 dari 6 halaman

Tempatkan Garasi Mobil di Lantai Bawah

Siasat pertama mungkin jarang dipilih. Namun, bukan berarti kiat ini tak patut untuk Mo0ms coba. Dalam kasus lahan yang terbatas, Moms bisa menempatkan garasi mobil di lantai bawah.

Sementara itu, aktivitas keluarga difokuskan berada di lantai 2 atau lantai 3. Dengan demikian, mobil bakal mempunyai lahan penyimpanan yang cukup luas, bukan?

5 dari 6 halaman

Model Garasi Paralel

Ukuran Ideal Garasi 2 MobilUkuran Ideal Garasi 2 Mobil © Shutterstock.com/g/SanelIslamcevic

Sistem garasi berjejer atau paralel bisa pula menjadi alternatif. Langkah ini memungkinkan kamu tetap menyimpan 2 mobil dalam garasi kendati lahan amat terbatas.

Salah satu yang mesti diperhatikan seandainya memilih desain garasi paralel adalah mengukur lebar mobil yang dimensinya paling besar dengan jarak minimal 80 cm.

6 dari 6 halaman

Sementara, panjang garasi bisa dua kali panjang dimensi mobil terbesar. Mengambil contoh kepemilikan mobil Toyota Avanza dan Honda Jazz, maka ukuran garasi 2 mobil dengan model paralel ini adalah panjang sekira 11,5 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 3 meter.

Well, itulah tadi beberapa hal yang semestinya Moms perhatikan sebelum membangun garasi untuk 2 mobil. Semoga membantu ya Moms!

Beri Komentar