Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Memilih Furnitur Bermaterial Kayu

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 1 Desember 2020 09:30
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Memilih Furnitur Bermaterial Kayu
Tidak bisa asal pilih, furnitur kayu juga diperlukan perawatan biar makin awet.

Kayu adalah salah satu material yang banyak dipilih untuk pembuatan aneka furnitur, sebut saja seperti meja dan kursi. Karateristiknya yang kokoh sekaligus mudah dibentuk menjadi alasan utama kayu sebagai primadona material membuat aneka perabot.

Tak hanya itu saja, furnitur kayu juga memiliki daya tahan awet jika pengguna benar merawatnya. Oleh sebab itu, penting mengetahui cara merawat furnitur kayu dengan benar. Melansir dari Swara.tunaiku.com pada Senin (30/11/2020), berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih furnitur berbahan kayu.

 

1 dari 4 halaman

Pindahkan Furnitur Kayu Secara Perlahan dan Hati-Hati

Furnitur Kayu © Diadona

Cara memindahkan furnitur kayu dengan cara diseret tentu bisa memperpendek usia furnitur. Kayu yang bergesekan langsung dengan lantai secara terus menerus dapat mengikis dan menorehkan goresan, sehingga akan membuat struktur kayu mudah hancur.

Untuk menghindari hal ini, maka alangkah lebih baiknya jika Moms memindahkan furnitur kayu tersebut dengan cara mengangkatnya. Untuk menjaga agar bagian bawah furnitur tetap halus dan tidak lecet, berikanlah karpet atau keset.

2 dari 4 halaman

Letakkan Furnitur di Suhu Normal

Penting untuk menjaga furnitur kayu tetap awet dengan meletakkan furnitur tersebut pada tempat kering serta bersuhu ruangan normal. Hindari meletakkan furnitur kayu di tempat pancaran sinar matahari secara langsung. Bila dibiarkan terus, suhu yang diperoleh dari sinar matahari akan membuat retakan pada lapisan kayu.  Jangan pula menaruh furnitur kayu pada tempat lembap, hal ini akan mempercepat proses oksidasi pada kayu, serta akan menjadi wadah tumbuhnya jamur dan serangga.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Furnitur Kayu Sesering Mungkin

Furnitur Kayu © Diadona

Dalam membersihkan furnitur kayu, jangan sampai lupa untuk membersihkannya hingga ke celah-celah terkecil. Bukan tanpa sebab, hal ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya jamur dan debu. Gunakan kuas kecil atau sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit dijngkau ya Moms. Tak hanya itu, disarankan juga buat menyemprotkan cairan pelapis furnitur atau biasa disebut pledge paling tidak sebulan sekali. Pledge ini bermanfaat untuk menjaga agar furnitur kayu tetap kuat dan mengilat. Sangat mudah, cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkannya pada furnitur kayu kemudian lap dengan kain hingga kering.

4 dari 4 halaman

Jauhkan Furnitur Kayu dari Tumpahan Bahan Cair

Furnitur Kayu © Diadona

Bila permukaan kayu tidak sengaja terkena air, maka segeralah lap dan keringkan permukaan atau bagian furnitur tersebut sebelum cairan meresap ke bagian dalam kayu. Cairan pada kayu dapat membuatnya cepat lapuk serta rapuh.

Hal lain juga bisa terjadi seperti halnya furnitur kayu terkena noda minuman lain secara tidak sengaja, ambillah lap, air hangat, dan sabun cuci piring. Rendam kain tersebut pada air cucian dan peras lap dengan lembut. Setelahnya, bersihkan noda minuman secara perlahan. Jangan lupa untuk segera mengeringkannya dengan lap kering. Jika meja makan Moms terbuat dari bahan kayu, langkah lebih baiknya melapisi bagian atasnya dengan taplak untuk mencegah air masuk ke lapisan kayu. Hal ini berlaku juga bagi furnitur yang sudah dipernis.

Itulah tadi beberapa hal perlu diperhatikan saat Moms memilih furnitur berbahan kayu. Semoga bermanfaat ya.

 

Beri Komentar