10 Ide Sekat Pembatas Ruangan, Solusi Kreatif untuk Hunian Minimalis!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Agustus 2020 10:36
10 Ide Sekat Pembatas Ruangan, Solusi Kreatif untuk Hunian Minimalis!
Gak ada lagi alasan ruangan sumpek!

Rumah minimalis memang terkendala dengan ukuran beberapa ruang yang terkesan sempit. Hal ini terjadi karena kebiasaan membangun tembok sebagai pembatas antar ruang.

Jangan khawatir Moms, keterbatasan lahan yang sempit sekarang bukanlah jadi masalah. Moms tentu bisa memanfaatkan beberapa pembatas runagan yang kreatif untuk hunian minimalis di rumah. Yuk intip beberapa ide yang telah Diadona ulas di bawah ini!

1 dari 10 halaman

Tirai atau Kain

Tirai atau KainTirai atau Kain © Fanny Soulier

Simpel namun tetap menarik adalah alasan bahan ini sangat mudah untuk ditemukan dan diperoleh di mana saja. Material tirai kain juga termasuk mudah untuk dipasang, jadi Moms tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

Penggunaan tirai sebagai penyekat ruangan ini dapat membantu menciptakan ruangan yang cukup privat di dalam ruangan lain. Manfaat lain dari tirai adalah dapat difungsikan untuk sekat antara tempat tidur dengan tempat penyimpanan pakaian, kamar mandi, atau tempat tidur anak.

2 dari 10 halaman

Penyekat Lipat

Penyekat LipatPenyekat Lipat © Bestdecorthings.com

Material kayu juga bisa menjadi alternatif yang cukup mudah untuk diperoleh dan bahkan nilai plus-nya adalah kayu mempunyai penampakan yang lebih menarik dan keren. Moms tentu bisa menyesuaikan model dari penyekat lipat ini dengan konsep ruangan di dalam rumah. Penyekat lipat ini juga dapat digunakan ketika dibutuhkan saja. Jadi ketika sudah tidak digunakan bisa dilipat dan simpan.

 

3 dari 10 halaman

Penyekat Kayu yang Tersusun Secara Horizontal

Penyekat Kayu yang Tersusun Secara HorizontalPenyekat Kayu yang Tersusun Secara Horizontal © Blog.spacestock.com

Ide ini dapat diaplikasikan pada berbagai konsep ruangan minimalis dan dipercaya tidak akan ketinggalan zaman Moms. Tak hanya itu, penyekat ii juga bisa diuat sendiri loh.

Caranya sangatlah mudah. Moms cukup memasang balok kayu secara horizontal. Selain berfungsi sebagai penyekat, ide ini juga dapat membuat ruangan tampak makin unik dan kece.

4 dari 10 halaman

Rak Buku

Rak BukuRak Buku © Foodcam.com

Furnitur di rumah juga bisa loh dijadikan sekat untuk ruangan. Jika Moms memiliki rak buku, maka ide ini juga akan membuat batas dari dua zona berbeda di dalam ruangan semakin terlihat dengan jelas. Deretan buku yang tersusun di rak ini juga akan memberi kesan tersendiri terhadap konsep ruangan.

5 dari 10 halaman

Rak Tanaman

Rak TanamanRak Tanaman © Blog.spacestock.com

Walau terdengar asing dan belum banyak diterapkan, namun ide ini tidak jauh berbeda dengan penggunaan rak buku, karena juga bersifat multifungsi. Moms bisa menggunakan room divider seperti plants holder yang biasa disebut rak tanaman. Selain berfungsi sebagai tempat menata tanaman dan sebagai penyekat ruangan, rak ini juga akan memberi kesan yang asri, segar, dan natural di dalam ruangan.

6 dari 10 halaman

Penyekat dari Material Kaca

Penyekat dari Material KacaPenyekat dari Material Kaca © Blog.spacestock.com

Bosan dengan material kayu atau besi? Moms bisa menggunakan material kaca untuk menjadi penyekat ruangan. Moms bisa memasang permanen pada langit-langit ke lantai agar tidak mudah bergerak.

7 dari 10 halaman

Manfaatkan Material Alami

Manfaatkan Material AlamiManfaatkan Material Alami © Canadafengshui.com

Material alami juga bisa dimanfaatkan sebagai pembatas dalam ruangan lho Moms! Adapun material alami lain yang bisa Moms manfaatkan seperti air terjun hias, batu alam, dan lain-lain. Penyekat ruangan dengan menggunakan material alami ini juga akan memberikan kesan tidak kaku dan menciptakan suasana nyaman pada hunian.

8 dari 10 halaman

Akuarium

AkuariumAkuarium © Homelitus.com

Tak hanya sebagai hiasan, akuarium juga bisa dimanfaatkan sebagai ide untuk penyekat ruangan yang bersifat multifungsi dan berhasil mempercantik ruangan di rumah. Moms bisa menggunakan ide penyekat ini pada area ruang tamu dan ruang keluarga.

9 dari 10 halaman

Penyekat dari Kertas

Penyekat dari KertasPenyekat dari Kertas © Aca.co.id

Material yang kerap dijadikan sebagai bahan pembuat kerajinan ini juga bisa dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan penyekat ruangan yang unik. Kertas bisa digunting-gunting mengikuti pola tertentu, misalnya pola bulat, kemudian pola tersebut dibentuk sambung-menyambung dan direkatkan di atas kawat. Terakhir Moms tinggal menggantungnya dari langit-langit.

10 dari 10 halaman

Kelambu untuk Pemisah Area Luas

Kelambu untuk Pemisah Area LuasKelambu untuk Pemisah Area Luas © Hotelopia.es

Kelambu bisa jadi ide penyekat ruang yang tepat. Moms bisa memilih kelambu terbuka maupun tertutup karena keduanya sama-sama oke. Manfaatkan balok kayu di bagian langit-langit untuk menggantungkan kelambu. Tampilan ini memang hampir mirip dengan bahan tirai sebagai pemisah, namun dengan kain yang lebar ini akan semakin menampilkan kesan alami dalam ruang.

Nah, itulah beberapa ide sekat pembatas ruangan yang kreatif untuk hunian minimalis. Gak ada lagi alasan ruang yang tampak sumpek karena keterbatasan lahan. Semoga menginspirasi.

Beri Komentar