Virus Corona Bisa Bertahan di 9 Benda Ini, Yakin Masih Mau Cuek sama Kebersihan?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 23 Maret 2020 09:02
Virus Corona Bisa Bertahan di 9 Benda Ini, Yakin Masih Mau Cuek sama Kebersihan?
Jaga kebersihan, yuk jangan lagi cuek sama kebersihan terutama pada 9 benda yang sering hadir di kehidupanmu ini!

Guys, virus corona saat ini sudah menyebar dengan cepat di Indonesia. Bahkan berdasarkan data yang diambil dari Kawalcovid.19, jumlah kasus di negara kita saat ini mencapai 514 orang, dengan rincian 437 orang dalam perawatan, 29 sembuh, sedangkan angka kematian mencapai 48 orang.

Makanya, kita harus benar-benar menjaga kebersihan. Nggak cuma dengan tangan kita, tapi juga dengan benda-benda yang ada di sekitar. Sebab, tahukah kamu, bahwa selain batuk dan bersin-bersin, virus corona ini bisa bertahan di beberapa permukaan benda?

Dilansir dari Business Insider, virus corona bisa bertahan di beberapa benda ini, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine. Kalau nggak dijaga kebersihannya, dan juga benda-benda itu ditempeli virus corona, bisa jadi orang yang menyentuhnya bisa tertular lho guys...

1 dari 9 halaman

1. Kardus

Kardus © Diadona

Di kardus, virus corona bisa bertahan selama 24 jam alias satu hari. Ini perlu banget untuk diperhatikan buat kamu yang suka belanja online yang biasanya barangnya dibungkus dengan kardus. Belum lagi kamu nggak tahu, apakah sang pengantar paket habis batuk-bersin pada kardus atau nggak selama bersama paket kamu itu, kan?

2 dari 9 halaman

2. Plastik

Plastik © Diadona

Kamu habis bepergian untuk belanja kebutuhan hidup dan akhirnya membawa plastik ke rumah untuk membungkus belanjaan itu? Kalau bisa, sesampainya di rumah, buang aja langsung plastik tersebut. Sebab, pada plastik virus corona bisa bertahan sampai 3 hari guys.

3 dari 9 halaman

3. Baja

Stainless Straw © Diadona

Kayaknya kita hidup dikelilingi oleh baja, bukan? Entah itu gagang pintu, bahkan sampai sedotan minuman stainless. Sialnya, di baja virus corona bisa bertahan sampai 3 hari. Tapi dengan rajin membersihkan barang baja di sekililingmu, kamu nggak perlu begitu khawatir.

4 dari 9 halaman

4. Aerosol

Aerosol bahasa gampangnya adlaah butiran halus berupa cairan, namun tersebar di udara. Kalau dicontohkan, sebut saja asap atau kabut. Nah di aerosol seperti asap atau polusi kendaraan misalnya, virus corona bisa bertahan selama 180 menit atau 3 jam aja guys. Emang susah sih kalau begini, tapi tetap hati-hari ya. Kamu bisa pakai masker kalau ada.

Di penelitian terbaru lainnya, di Journal of Hospital Infection, ada beberapa benda lain yang disebutkan di mana virus corona bisa bertahan

5 dari 9 halaman

5. Logam

Ilustrasi Teflon © Diadona

Untuk barang-barang yang berbahan logam, virus corona bisa bertahan hingga sampai 5 hari. Sebut saja wajan, kamu pasti menggunakan setiap hari kan? Kalau habis pakai, langsung cuci ya!

6 dari 9 halaman

6. Kayu

Kursi, meja, pintu, rata-rata benda-benda ini adalah yang sering kita jumpai setiap harinya, dan mereka semua berbahan dasar kayu. Tapi, virus corona ini bisa bertahan di sana (kayu) sampai 4 hari guys! Kalau habis memegang barang berbahan dasar kayu, cepat dibersihkan ya tangannya!

7 dari 9 halaman

7. Kertas

Uang Rupiah © Diadona

Nggak nyangka, ternyata kertas juga bisa menjadi tempat virus corona bersarang. Di kertas virus corona bisa bertahan 4 sampai 5 hari. Sialnya, setiap hari kita menggunakan uang 'kertas' sebagai bahan transaksi, yang berpindah dari tangan ke tangan...

 

8 dari 9 halaman

8. Kaca

Ilustrasi wanita sedih © Diadona

Di kaca, virus corona bisa bertahan sampai empat hari. Kalau nggak perlu-perlu amat, nggak usah nyentuh-nyentuh kaca. Bersihkan kaca di rumah kamu semaksimal mungkin, demi perlindungan yang lebih baik.

9 dari 9 halaman

9. Keramik

Hei, ternyata keramik rumahmu bisa menampung virus corona sampai lima hari guys! Yang jarang ngepel rumah, udah sebaiknya kamu mulai sekarang rajin-rajin ngepel, ya!

Jadi, udah tau ya apa yang harus kamu lakukan? Yap, selalu menjaga kebersihan pada benda-benda tersebut yang ada di rumahmu. Kalau kamu menyentuhnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun ya!

Eits, jangan lupa juga untuk rajin mencuci bajumu ya. Ternyata di tengah pandemi virus corona ini ada cara khusus untuk mencuci baju anti virus corona lho! kayak gimana ya? baca di sini yuk!

Beri Komentar