Udah Umur 40an Lebih Malah Jadi Sering Ngompol, Normal Nggak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 11 Juni 2020 06:27
Udah Umur 40an Lebih Malah Jadi Sering Ngompol, Normal Nggak Sih?
Siapa yang sudah berumur tapi malah sering ngompol?

Ngompol biasanya terjadi pada anak-anak kecil. Tapi ketika di usia kalian yang sekarang sudah cukup berumur, 40an ke atas lah, mungkin juga sedang mengalami fase sering mengompol. Udah berumur dan cukup sadar, tapi kenapa malah jadi sering ngompol?

1 dari 5 halaman

Inkontinensia urin

Kemungkinan besar, kamu sedang mengalami yang namanya Inkontinensia urin. Melansir dari Hellosehat.com, sebutan itu ditujukan untuk sebuah kondisi di mana kamu nggak bisa lagi mengontrol air kencingmu.

Singkatnya, kamu kehilangan kontrol kandung kemih. Air kencing jadi keluar secara mendadak. Melansir dari Alodokter.com, kondisi ini sangat umum dialami oleh para lansia. Makanya, nggak sedikit dari mereka yang kemudian seperti kembali ke masa anak-anak, memakai popok.

2 dari 5 halaman

Normal Terjadi

Ilustrasi Menahan Kencing © Diadona

Meski demikian, kedua sumber menyebutkan bahwa kondisi ini umum terjadi. Jadi, bisa dibilang ini normal terjadi dikalangan 40 ke atas!

Meski memalukan, tapi nggak usah khawatir. Kamu nggak sendirian. Ditambah lagi, ternyata kondisi ini lebih sering menyerang kaum wanita, daripada pria.

3 dari 5 halaman

Gejala Inkontinensia urin

Untuk yang paling ringan, gejala yang akan muncul adalah menetesnya air kencing saat ada tekanan dari batuk atau besin, bahkan hanya saat berjalan ke toilet. Untuk yang tingkat menengah, air kencing bisa menetes setiap hari, sehingga memerlukan bantuan popok.

Untuk yang paling parah, setiap jam air kencing bisa keluar. Sehingga, kondisi ini pun sangat menghalami kamu beraktivitas dalam keseharian.

4 dari 5 halaman

Penyebab Inkontinensia Urin

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena Inkontinensia urin. Di antaranya yaitu:

1. Tekanan di Perut

Timbulnya tekanan di perut bisa menyebabkan Inkontinensia urin terjadi. Aktivitas yang bisa membuat tekanan pada perut adalah batuk, bersin, mengangkat barang, dan olahraga. Bisa juga karena kehamilan, melahirkan, atau penuaan sekalipun.

2. Inkontinensia Urin Darurat

Ternyata, Inkontinensia urin juga bisa dikeluarkan secara darurat, bahkan dengan frekuensi tinggi. Penybabnya adalah merokok, kafein, alkohol, dan juga penuaan. Yang masih muda, hindarin ya!

3. Sering Penuhnya Kandung Kemih

Kandung kemih selalu penuh merupakan penyebab yang terakhir. Kamu akan merasa kandung kemih tidak kosong dan air kencing pun akan menetes sepanjang hari. Jika sudah menopause, keadaan bisa semakin buruk.

Beri Komentar