8 Ciri-Ciri Orang Cacingan pada Anak dan saat Dewasa, Tubuh Kurus jadi Salah Satunya lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Juni 2020 17:00
8 Ciri-Ciri Orang Cacingan pada Anak dan saat Dewasa, Tubuh Kurus jadi Salah Satunya lho!
Katanya sih kalau ada anak yang karena nggak doyan makan, itu sih bisa jadi ciri-ciri orang cacingan. Eh tapi apakah benar?

Ciri-ciri orang cacingan nih biasanya sering dicari mereka yang bermasalah dengan berat badan dan nafsu makan. Katanya sih, itu karena cacing dalam tubuh mengambil nutrisi tersebut.

Eh, emangnya iya?

Penyakit cacingan ini terjadi karena infeksi parasit berupa cacing kremi tipis berwarna putih, berukuran sekitar 6 sampai 13 milimeter. Dan menelan serta menghirup telur cacing kremi secara nggak sengaja, bisa menyebabkan infeksi cacing.

Telur cacing kremi bentuknya kecil banget, dan bisa masuk ke mulut akibat makanan yang terkontaminasi. Cacing juga bisa masuk melalui minuman atau jari-jari. Setelah tertelan, telur menetas di usus dan matang menjadi cacing dewasa dalam beberapa minggu.

Selanjutnya, cacing betina bakalan bergerak ke daerah anus untuk bertelur. Nah, salah satu ciri-ciri orang cacingan yaitu adanya gatal pada anus.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Cacingan saat Dewasa

Ilustrasi Penyakit Kelamin © Diadona

Meskipun umum menimpa anak-anak, tapi infeksi cacing kremi ini juga sangat mungkin terjadi pada orang dewasa. Infeksi cacing kremi dan gejala cacingan bisa muncul di semua umur. Karena ukurannya yang kecil banget, sangat nggak mungkin untuk menghindari orang yang udah terinfeksi atau lingkungan yang terdapat cacing pita ini.

Sama halnya dengan anak-anak, ciri-ciri orang cacingan paad mereka yang duah dewasa mungkin hampir nggak ada, atau juga mengalami anus gatal. Beberapa yang lainnya yang juga mungkin, yaitu:

Gatal di Area Vagina

Ciri-ciri orang cacingan ini mungkin karena cacing dewasa berpindah ke area tersebut

Suka Merasa Kesal

Ini muncul karena rasa nggak nyaman berupa gatal akibat si cacing kremi ini.

Terlihat Cacing di Anus atau Pakaian Dalam

Ciri-ciri orang cacingan ini mungkin jarang banget terjadi. Biasanya, terlihat cacing yang bergerak keluar anus atau tertinggal di pakaian dalamsekitar 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

 

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Cacingan pada Anak

Ciri-Ciri Orang Cacingan © Diadona

Kebanyakan anak-anak yang terinfeksi nggak menunjukkan ciri-ciri orang cacingan. Tapi biasanya muncul juga berupa:

Anus Gatal

Ciri-ciri orang cacingan ini sering muncul di malam hari. Ini karena karena saat cacing kremi udah dewasa, maka cacing kremi betina bakalan bergerak ke usus besar dan keluar dari tubuh melalui anus di malam hari.

Cacing kremi betina bertelur di lipatan kulit di sekitar anus dan kemudian kembali ke usus besar. Kehadiran telur ini sering menyebabkan gatal dan iritasi pada dubur.

Tidur Gelisah

Kemungkinan, ciri-ciri orang cacingan ini terjaid karena di malam hari terjadi pergerakan telur dewasa ke luar tubuh lewat anus.

Rewel

Anak kecil pasti rewel kalau merasa hal yang nggak nyaman dalam tubuhnya. Terlebih kalau kondisinya mengalami gatal pada anus sebagai ciri-ciri orang cacingan.

Masalah Pencernaan

Ciri-ciri orang cacingan disertai dengan adanya masalah pada pencernaan. Contohnya, sakit perut yang nggak berangsur sembuh, kembung, begah, mual hingga disertai muntah

Kurangnya Nafsu Makan

Ciri-ciri orang cacingan inilah yang mungkin sering dikaitkan dengan berat badan yang kurang pada anak. Tapi, beneran nggak sih kalau kurus adalah salah satu ciri cacingan?

Ternyata, enggak lho.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, anak yang bertubuh kurus sangat mungkin menjadi ciri-ciri orang cacingan. Tapi, nggak selalu anak kurus berati cacingan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Lalu, apa yang bisa orang tua lakukan?

Kalau orang tua melihat anaknya memiliki ciri-ciri orang cacingan, maka segera hubungi dokter. Dokter bakalan melakukan tes sederhana dan juga memberikan obat dengan satu dosis untuk dua minggu. Kalau gatal masih saja beralngsung sampai 2 minggu setelah minum obat, mungkin dokter bakalan memberikan dosis kedua.

Banyak obat cacingan yang dijual secara bebas. Kalau berobat ke dokter, biasanya doker bakalan meresepkan obat anti-parasit, umunya albendazole.

Karena cacingan ini sangat menular, maka sekuruh keluarga juga harus ikut minum obat tersebt walaupun nggak merasakan gejala cacingan.

Bisakah Infeksi Cacing Kremi Dicegah?
Well, karena bentuknya yang kecil banget dan nggak terlihat mata, sulit banget buat memastikan rumah bebas cacing kremi. Tapi, ada beberapa cara yang mebantu menghilangkan telur cacingnya

  • Pastikan semua orang baik yang terinfeksi maupun tidak, untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun. Ini penting banget dilakuin sebelum makan.
  • Semua anggota keluarga harus mandi dan ganti baju setiap hari.
  • Karena telur cacing kemi sangat mungkin menempe di tangan dan kuku, maka pastikan buat memotong kuku sependek dan membersihkannya
  • Berhenti menggigit kuku
  • Untuk orang yang sudah terkena gejala cacingan, maka pastikan penderita untuk nggak menggaruk anus
  • Gunakan air panas untuk mencuci tempat tidur, handuk, dan pakaian di rumah yang terekan dampak cacingan
  • Jangan sampai anak-anak mandi bersama
  • Bersihkan dengan cermat semua permukaan yang mungkin terinfeksi, termasuk mainan, lantai, meja, dan kursi toilet.

Ciri-ciri orang cacingan bisa aja mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Maka, yang harus kita lakukan adalah selalu perhatian dnegan kondisi tubuh dan banyak tau info kesehatan ya, siapa tahu perubahan tubuh menjadi tanda keberadaan penyakit.

Beri Komentar