18 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut untuk Rontok Parah dan Memanjangkannya juga Wajah

Reporter : Sofi
Rabu, 5 Februari 2020 13:24
18 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut untuk Rontok Parah dan Memanjangkannya juga Wajah
Mungkin kamu sudah tidak asing akan manfaat lidah buaya untuk rambut. Tapi tahukah kamu jika manfaat lidah buaya untuk rambut tidak hanya untuk menebalkan rambut saja? Berikut manfaat lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk rambut merupakan suatu rahasia kecantikan umum. Banyak orang mengguanakan manfaat lidah buaya untuk rambut rontok, maupun untuk memanjangkannya. Manfaat lidah buaya untuk rambut ini memang cocok untuk merawat rambut kamu agar terlihat sehat.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya memang cocok untuk merawat kecantikan kulit dan rambut kita. Berikut manfaat lidah buaya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Wajah

Lidah buaya diketahui manfaatnya untuk kecantikan. Tidak hanya kulit, manfaat lidah buaya untuk rambut juga sangat mengesankan. Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah yang mengesankan.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat lidah buaya yang sangat dicari-cari adalah bisa mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Menghilangkan bekas luka

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah menghilangkan bekas luka. Bekas luka yang berwarna cokelat sampai hitam memang tidak sedap dipandang. Jangankan di wajah, di kaki saja rasanya risih. Untuk menghilangkan bekas luka secara alami, gunakan lidah buaya. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya mengandung antibakteri dan membantu proses regenerasi sel.

Mengurangi jerawat dan infeksi

Antimikroba yang terkandung pada lidah buaya bisa mengobati jerawat yang meradang. Lalu, sifat antibakteri, antiseptik dan antiinflamasi lidah buaya mampu melindungi kulit dari bakteri dan patogen lainnya yang menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

Menghilangkan bekas jerawat

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah menghilangkan bekas jerawat. Karena kemampuannya untuk mempercepat reproduksi sel kulit, melawan peradangan dan mengurangi kemerahan, lidah buaya merupakan obat yang alami untuk melawan jerawat dan stretch mark.

Melembapkan kulit

Salah satu manfaat lidah buaya adalah melembapkan kulit secara alami. Pelembap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat. Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Kamu juga bisa gunakan spray wajah yang mengandung gel lidah buaya ketika wajah terasa kering.

Mencerahkan kulit

Banyak krim/obat pencerah kulit dijual bebas di toko/apotek. Tapi jika ingin mencerahkan kulit secara alami, cobalah meminum jus lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk mencerahkan kulit sudah diketahui secara umum.

Menghaluskan permukaan kulit

Manfaat lidah buaya adalah untuk menghaluskan permukaan kulit. Gel lidah buaya dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

Menenangkan kulit kepala

Sifat antiinflamasi yang terkandung pada lidah buaya membantu menenangkan kulit kepala dari ritasi. Perawatan ini memberikan efek dingin dan relaksasi pada kulit kepala dan memicu rambut tumbuh lebih sehat.

Mencegah dan mengatasi ketombe

Manfaat lidah buaya untuk rambut mengandung antijamur berfungsi mencegah dan mengatasi ketombe pada kulit kepala. Perawatan dengan lidah buaya ini membantu pengelupasan ketombe di kulit kepala.

Menutrisi rambut

Selain enzim proteolitik, manfaat lidah buaya untuk rambut juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala. Perawatan rutin menggunakan lidah buaya, dapat membuat rambut terasa lebih kuat, lembut, dan berkilau.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Rontok Parah

Kerontokan rambut sudah umum terjadi pada kita. Selama jumlah rontok rambut tidak terlalu banyak. Namun, bagaimana jika jumlah rambut yang rontok melebihi batas wajar? Kamu tidak mau mengalami kebotakan kan? Berikut manfaat lidah buaya untuk rambut rontok parah yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Lidah buaya dan santan

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah campuran santan dan gel lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk rambut dan santan memberi nutrisi pada rambutmu dari akar hingga ke ujung kepala untuk menghentikan kerontokan yang berlebihan. Bahan alami ini mengandung senyawa dan gizi yang menyehatkan kulit kepala dalam meningkatkan pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Masukkan gel aloe vera dan santan dalam blender dan campur selama beberapa detik sampai halus dan lembut. Basahi rambutmu dan pisahkan menjadi beberapa bagian, lalu oleskan campuran masker dari akar sampai ke ujungnya. Tutupi seluruh rambutmu dan biarkan selama 30 hingga 40 menit. Setelah itu cuci dengan shampo biasa dan biarkan kering secara alami. Ulangi dua atau tiga kali seminggu untuk menghentikan kerontokan rambutmu dalam waktu singkat.

Lidah buaya dan yogurt

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah lidah buaya dan yogurt. Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya tinggal mencampur beberapa sendok makan yogurt dengan gel lidah buaya.

Setelah membentuk masker, aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala secara perlahan, dan tunggu hingga lebih kurang 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara merawat rambut rontok ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lidah buaya dan kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok yaitu dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Campurkan gel lidah buaya dengan minyak kemiri usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Lidah buaya dan jeruk nipis

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah lidah buaya dan jeruk nipis. Jeruk nipis ternyata juga bisa mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyediakan perasan jeruk nipis sebanyak setengah cangkir ukuran kecil yang bisa didapat dari tiga buah jeruk nipis ukuran sedang.

Campurkan perasan jeruk nipis dengan gel lidah buaya hingga berbentuk pasta. Jadikan campuran ini sebagai masker. Aplikasikan masker pada rambut dan kulit kepala, pijat perlahan dan diamkan selama satu jam. Setelah hampir mengering bilas dengan air hangat kemudian air dingin hingga bersih.

Lidah buaya dan minyak rosemary

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah lidah buaya dan minyak rosemary. Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal.

Campurkan setengah cangkir getah lidah buaya segar atau aloe vera gel dalam kemasan dengan minyak rosemary secukupnya. Usapkan pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan semalaman. Cuci bersih dengan shampo berformula ringan keesokan harinya.

Gunakan getah lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontok yang terakhir adalah menggunakan getah atau gel lidah buaya. Sebelum menerapkan cara ini, basahi dulu rambutmu dan tunggu sampai setengah kering. Ambil sebatang lidah buaya segar, keluarkan getahnya, kemudian usapkan pada kulit kepala sebelum keramas.

Setelah itu, usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepalamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Memanjangkan Rambut

Ilustrasi Rambut Panjang © Diadona

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya manfaat. Selain bisa digunakan di kulit, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara memanjangkan rambut. Selain untuk memanjangkan rambut, manfaat lidah buaya untuk rambut juga bisa menebalkan rambut dan menghilangkan ketombe dari kulit kepalamu.

Kamu bisa menggunakan kondisioner lidah buaya setelah keramas. Caranya cukup campurkan gel lidah buaya dengan satu sendok makan yoghurt, kemudian balurkan ke seluruh rambut dan kepala, diamkan beberapa saat kemudian bilas.

Selain itu kamu bisa menggunakan manfaat lidah buaya untuk rambut untuk memanjangkan rambut dengan menggunakan masker lidah buaya. Sebelum keramas kamu bisa menggunakan masker lidah buaya untuk memperpanjang rambutmu. Kamu cukup membalurkan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dan keramasi rambutmu hingga bersih.

Bagaimana menurutmu tetang manfaat lidah buaya untuk rambut ini? Apakah kamu semakin tertarik untuk menggunakan manfaat lidah buaya untuk rambut ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar