17 Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan, Ketombe, dan Bercabang secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 3 Februari 2020 16:42
17 Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan, Ketombe, dan Bercabang secara Alami
Rambut rontok memang bisa jadi momok. Yuk, cari cara mencegah rambut rontok lewat artikel Diadona berikut!

Apa sih yang paling kamu takutkan dari rambutmu? Ya, salah potong rambut mungkin salah satunya. Tapi kamu pasti juga takut banget kalau tiba-tiba rambut kamu rontok dan khawatir suatu saat akan mengalami kebotakan.

Sebenarnya, rambut rontok sebanyak 50 sampai 100 helai per hari tuh biasa banget kok. Namun perlu diingat kalau jumlah lebih dari itu sangat mungkin mengindikasikan terjadinya suatu masalah. Bisa karena genetika, atau ada yang salah dengan gimana cara merawat rambut kamu.

Karena ini masalah yang banyak dialami orang, ada beberapa tips dan cara mencegah rambut rontok. Kalau kamu mulai merasa rambutmu rontok, coba deh beberapa tips di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Alami Mencegah Rambut Rontok

Ilustrasi Rambut © Diadona

Nah biar kamu nggak bingung dan merasa dihantui oleh kebotakan, berikut cara mencegah rambut rontok yang dilansir dari Healtline.com.

Diet Mediterania

Sebauh studi di tahun 2018 lalu menyatakan kalau pola makan dengan sayuran mentah dan rempah segar, seperti diet mediterania, misalnya, dapat mengurangi risko dan sebagai cara mencegah rambut rontok.

Konsumsi Banyak Protein

Konsumsi protein ini bisa menjadi cara mencegah rambut rontok. Ini karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Nah, sebuah penelitian pada tahun 2017 yang melibatkan 100 orang dengan kasus kerontokan rambujt, ternyata dalam kondisi kekurangan nutrisi, termasuk asam amino ang berfungsi sebagai bahan pembangun protein.

Nggak cuman dari konsumsi makanan aja, cara mencegah rambut rontok juga bsia kamu lakukan dengan beberapa perawatan atau dengan mengganti rutinitas perawatan rambut kamu sehari-hari. Apa aja?

Keramas secara Teratur

Mencuci rambut secara teratur dapat melindungi dari kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya dalam cara mencegah rambut rontok, yakni menggunakan sampo ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan menyebabkannya patah, menyebabkan rambut rontok.

Minyak Zaitun

Nggak cuman sebagai cara mencegah rambut rontok, minyak zaitun dapat melindungi rambut dari dari kekeringan dan kerusakan. Minyak zaitun merupakan bahan utama diet Mediterania, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik.

Heat Treatment

Rambut tuh ngak bisa banget lho sebenarnya terkena perlakuan panas tinggi, karena bsia bikin mereka jadi rapuh dan rontok. Kalau kamu memang pengen menggunakan vatokan rambut, pastikan untuk tidak membiarkannya di satu area rambut terlalu lama dan gerakkan setiap sepuluh detik atau lebih.

Sebagai cara mencegah rambut rontok, usahakn juga untuk tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi.

Memijat Kulit Kepala

Cara mencegah rambut rontok secara mudah dan menyenangkan, bisa kamu lakukan dengan meijat kulit kepala kamu. Penelitian sudah menemukan gimana pijat kulit kepala bisa meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Cara mencegah rambut rontok dengan minyak zaitun bisa kamu lakukan dengan mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.

Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa untuk perawatan rambut sudah dikenal sejak dulu, termasuk dalam cara mencegah rmabut rontok. Menurut tinjauan studi 2018 , para peneliti percaya minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut dari perawatan dan paparan sinar ultraviolet.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Sebenarnya ada banyak sekali cara mencegah rambut rontok atau bahkan memperlambat kerontokannya. Tetapi yang paling harus kamu fokuskan yakni pada alasan untama mengapa kerontokan tersebut bsia terjadi.

Rambut rontok karena pasca kehamilan, dapat teratasi dengan sendirinya. Dan perlu diingat bahwa setiap orang memang akan mengalami rambut rontok setiap hari itu dan itu sangat normal terjadi. Ini nih cara mencegah rambut rontok berlebihan.

Model Rambut yang Lembut

Mengepang atau menguncir rambut bisa menarik rambut sampai ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan yang berlebihan. Untuk cara mencegah rambut rontok, coba deh perlakukan rmabut kamu dengan lemah lembut.

Vitamin A

Vitamin A telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Nah, vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut sehingga sebagai cara mencegah rambut rontok.

Minum Multivitamin

Nggak cuman untuk kesehatan tubuh lho, mencukupi gizi untuk dengan minum multivitamin juga berkontribusi sebagai cara mencegah rambut rontok. Vitamin A, B, C, D, besi, selenium, dan seng semuanya penting untuk pertumbuhan rambut dan proses retensi, khususnya dengan pergantian sel.

Hindari Styling Rambut Berlebihan

Misalnya nih saat kamu melakukan pewarnaan rambut dengan bahan kimia, hal tersebut bisa bikin kerusakan misalnya rambut yang rontok dan kering. Sebagai cara mencegah rambut rontok, coba deh konsultasikan dulu tentang alternatif, pewarna rambut organik dan lainnya yang tidak mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD).

 

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Ilustrasi Rambut Rusak © Diadona

Kalau misalnya rambut rontok dan ketombe belum terjadi di kamu, ini lho cara mencegah nya biar kamu nggak harus pusing dengan dua masalah ini.

Kelola Stres Kamu

Ini karena stres bisa memicu ketombe atau memperburuk ketombe yang ada. Selain itu, stres punya efek buruk pada kesehatan kamu secara keseluruhan dan dapat meningkatkan risiko menjadi sakit.

Keramas secara Teratur

Frekeunsi membersihkan rambut sangat pengaruh terhadap rambut kamu. Misalnya, sebagai cara mencegah rambut rontok dan ketombe. Usahakan untuk menggunakan sampo lembut yang tidak menyebabkan iritasi yang bebas dari sulfat. Sodium lauryl sulfate (SLS) adalah deterjen keras yang ditemukan di sebagian besar sampo yang cenderung mengering dan mengiritasi kulit kepala kamu.

Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari bagus banget sebagai cara mencegah rmabut rontok dan ketombe. Sayangnya, paparan sinar ultraviolet merusak kulit kamu dan bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi kalaukamu ingin berjemur sebagai cara mencegah rambut rontok dan ketombe, usahakan untuk emmakai tabir surya.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Bercabang

Ilustrasi Rambut © Diadona

Rambut yang bercabang biasanya terjadi karena ujung rambut yang menjadi kering, rapuh, dan usang. Selain itu, bisa disebabkan karena proses pengeringan, pelurusan dan pengeritingan rambut. Karena rambut bercabang ini nggak akan bisa diperbaiki, maka satu-satunya hal yuang bsia kamu lakukan yakni dengan cara mencegah rambut rontok dan bercabang.

Masker Rambut

Untuk cara mencegah rambut rontok dan bercabang, kamu harus mencoba perawatan dengan masker rambut. Masker ini akan membantu mengembalikan kelembapan pada rambut dan memperkuat poros rambut.

Rutin Memotong Ujung Rambut

Untuk mencegah rambut rontok dan bercabang, setidaknya potong ujung rambut kamu setiap enam minggu sekali.

Minyak Almond Manis

Diekstrak dari almond, minyak almond manis menghidrasi dan nggak akan membuat rambut menjadi berat. Artinya, ini bisa digunakan sebagai caramencegah rmabut rontok dan bercabang. Minyak almond ini juga bisa kamu gunakan sebagai kondisioner tanpa bilas atau digosokkan ke rambut yang lembab.

Meski rambut kamu baik-baik aja, nggak ada salahnya sih melakukan perawatan cara mencegah rambut rontok tersebut. Share di kolom komentar dong, perawatan apa saja yang sudah pernah kamu lakukan untuk rambutmu?

Beri Komentar