Ternyata Memelihara Anjing Bermanfaat untuk Kesehatan, Kok Bisa sih?

Reporter : Mila
Senin, 8 Agustus 2022 06:57
Ternyata Memelihara Anjing Bermanfaat untuk Kesehatan, Kok Bisa sih?
Begini nih kata penelitian.

Banyak orang yang enggan punya peliharaan di rumah karena perlu merawatnya dengan telaten atau adanya risiko alergi. Padahal, ada berbagai manfaat kesehatan memelihara hewan peliharaan, khususnya anjing, yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Anjing disebut sebagai sahabat manusia, karena selain setia dan cerdas, banyak penelitian menunjukkan memelihara anjing menjaga kesehatan tubuh. Apa saja? Langsung simak ya!

1 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dalam beberapa penelitian, memelihara anjing diketahui membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol atau trigliserida tinggi. Hal ini tentunya baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan.

Pasien serangan jantung yang memelihara anjing juga diketahui punya tingkat kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan yang tidak memelihara anjing.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Alergi

Kebanyakan orang enggan memelihara hewan berbulu di rumah karena takut risiko alergi yang ditimbulkan. Tapi, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PloS one (2018) justru menemukan fakta sebaliknya. Memelihara anjing punya manfaat mencegah alergi.

Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang punya hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, cenderung berisiko lebih rendah terkena alergi dan asma. Hal tersebut karena kontak sedari dini dengan hewan peliharaan justru melatih perlindungan sistem kekebalan tubuh terhadap paparan bakteri dan alergen.

3 dari 6 halaman

MMenghentikan Kebiasaan Merokok

Studi yang diterbitkan oleh jurnal Tobacco Control menemukan ada manfaat memelihara anjing bagi perokok. Penelitian ini menemukan lebih dari seperempat perokok yang punya hewan peliharaan mencoba berhenti merokok.

Ini terjadi ketika mereka mengetahui tentang efek kesehatan negatif dari asap rokok pada hewan mereka. Paparan asap rokok berpotensi memicu kanker tertentu pada kucing dan anjing, alergi pada anjing, penyakit mata, kulit, dan pernafasan pada burung.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Mental

Menurut penelitian dari Journal of personality and social psychology (2011), seseorang yang punya hewan peliharaan diketahui lebih bahagia dan sehat dibandingkan yang tidak memelihara hewan. Pasalnya, menghabiskan waktu selama beberapa menit untuk bermain bersama hewan peliharaan bisa meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin.

5 dari 6 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Berbagai penelitian menemukan bahwa mengajak jalan-jalan anjing setiap hari bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Hal ini karena kegiatan tersebut akan memaksamu untuk melakukan aktivitas fisik tingkat sedang, paling tidak 10–30 menit setiap harinya.

Kalau kamu termasuk orang yang rutin mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, pertimbangkan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai olahraga rutin.

Beri Komentar