Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Malah Berbahaya untuk Kesehatan lho!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 23 November 2021 07:57
Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Malah Berbahaya untuk Kesehatan lho!
Minum air putih memang baik, tapi jangan berlebihan.

Air menjadi kebutuhan paling dasar bagi manusia. Ketika tidak mendapatkan cukup air, tubuh akan mengalami dehidrasi yang bisa membahayakan.

Tapi, bagaimana kalau tubuh justru mendapatkan asupan air berlebihan? Seperti dehidrasi, terlalu banyak asupan air dalam tubuh ternyata juga bisa berbahaya bagi tubuh. Kondisi ini disebut overhidrasi.

1 dari 4 halaman

Tentang Overhidrasi

Ilustrasi Minum Air PutihIlustrasi Minum Air Putih © Shutterstock

Melansir dari Healthline, overhidrasi bisa menyebabkan keracunan air, apalagi kalau tanpa disertai penambahan keseimbangan asupan garam dari makanan dan minuman.

Konsentrasi garam dalam aliran darah diperlukan untuk menjaga tekanan darah, otot, dan saraf agar tetap normal. Garam dalam darah juga memengaruhi kerja ginjal dalam mengatur penyimpanan air dan mencegah tubuh menyimpan air terlalu banyak.

Konsentrasi garam normal dalam darah berkisar 135 – 145 mmol/liter. Konsumsi air terlalu banyak bisa mengurangi konsentrasi garam darah hingga 115 – 130 mmol/liter dan memicu penurunan fungsi darah karena menjadi lebih cair.

2 dari 4 halaman

Penyebab Overhidrasi

Ini beberapa alasan seseorang meminum air terlalu banyak dan menyebabkan kondisi overdehidrasi:

  • Minum banyak dengan sengaja
  • Minum banyak dengan alasan dehidrasi
  • Keinginan untuk terus minum akibat kondisi penyakit
  • Kondisi medis lain (penyakit liver, ginjal, gagal jantung kongestif, gangguan sekresi hormon anti-diuretik)

3 dari 4 halaman

Gejala Overhidrasi

Ilustrasi Minum Air PutihIlustrasi Minum Air Putih © Shutterstock

Overhidrasi bermula saat air yang tidak bisa dikeluarkan kembali terserap dalam aliran darah yang membuat tubuh menyimpan air terlalu banyak. Hal itu menyebabkan pembesaran berbagai sel tubuh sehingga mengganggu fungsi sel itu sendiri.

Pembesaran sel itu kemudian memicu berbagai gejala awal keracunan air seperti sakit kepala, mual, dan muntah.

Gejala bisa berkembang menjadi penurunan fungsi kognitif sesaat seperti merasa kebingungan, kesulitan berpikir, dan mengalami disorientasi.

4 dari 4 halaman

Menangani Overhidrasi

Salah satu penyebab seseorang terlalu banyak minum air putih dalam waktu yang terlalu singkat adalah merasa haus berlebih setelah berolahraga atau beraktivitas fisik berat.

Untuk menghindari hal itu, konsumsilah air saat 15 – 30 menit sebelum beraktivitas fisik untuk menghindari minum terlalu banyak setelah beraktivitas fisik. Hindari meminum air lebih dari satu liter dalam waktu satu jam.

Kebutuhan air harian pada orang normal pada umumnya hanya sekitar 3,7 liter air untuk laki-laki, dan 2,7 air untuk perempuan, dan ini sudah termasuk kandungan air dari makanan dan minuman lainnya.

Kalau sudah terlanjut overhidrasi, segera hentikan konsumsi air dalam beberapa waktu ke depan dan berikan obat diuretik untuk memicu pengeluaran cairan melalui urin.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar