Jarang Diperhatikan, Jaga Kebersihan Pusar Itu Penting lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 21 November 2021 09:27
Jarang Diperhatikan, Jaga Kebersihan Pusar Itu Penting lho!
Hayo, siapa nih yang nggak pernah bersihin pusar~

Menjaga kebersihan itu penting, terlebih terhadap tubuh kita sendiri. Namun ngaku aja nih, ada bagian-bagian tubuh tertentu yang kamu perhatikan banget, dan juga ada yang jarang banget kamu perhatian, bukan?

Ya, salah satunya adalah pusar. Bagian ini banyak banget yang jarang memperhatikan. Padahal, melansir dari Merdeka.com, membersihkan pusar itu penting lho!

 

1 dari 4 halaman

Pusar adalah tempat di mana berbagai macam hal kotor berkumpul. Mulai dari keringat, sabun, kotoran. debu, bakteri, dan lainnya. Makanya membersihkan pusar secara terut itu penting banget untuk dilakukan.

 

2 dari 4 halaman

Bahkan sebuah penelitian dari North Carolina State University mengungkapkan bahwa pusar itu
rata-rata punya 67 jenis bakteri, melansir dari Women's Health. Kalau kebersihan pusar diabaikan, bisa-bisa jadi bau bahkan gatal dan infeksi kemerahan.

Seorang ahli kulit dari HealthCare Partners, Alexandria V. Booth, M.D, menjelaskan gimana cara membersihkan pusar dengan baik. Kamu bisa membersihkan pusar secara teratur saat mandi, membasuh dan membersihkannya dengan air.

 

3 dari 4 halaman

ilustrasi pusar © Diadona

Meski demikian, faktanya bentuk pusar orang pun ternyata bermacam-macam. Bagi pusar yang dalam, bisa menambahkan dengan membersihkannya dengan cotton bud seminggu sekali dengan sabun air atau alkohol. Jika pusarnya menonjol keluar, cukup bersihkan saat mandi saja.

 

4 dari 4 halaman

Pusar yang tidak dibersihkan bisa jadi sarang bakteri, jadi perlu dibersihkan secara teratur, ya! Kalau ragu bagaimana cara membersihkannya, bisa dibersihkan di dokter terkait. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar