Uban Makin Dicabut Malah Jadi Banyak, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 19 November 2021 17:03
Uban Makin Dicabut Malah Jadi Banyak, Mitos atau Fakta?
"Jangan cabutin uban, nanti malah makin banyak."

Kita pasti sering mendengar ucapan tersebut. Dikatakan bahwa mencabut satu helai uban atau rambut putih di rambut bisa menumbuhkan lebih banyak uban.

Uban diketahui memang menjadi salah satu pertkamu seseorang sudah memasuki usia lanjut. Tapi apakah ucapan benar? atau malah hanyalah mitos belaka? coba kita lihat penjelasannya di bawah ini yuk!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Rambut Ubanan © Diadona

Seiring bertambahnya usia, sel pigmen pada folikel (pori pada kulit untuk rambut tumbuh) akan ikut mati. Bila folikel rambut memiliki lebih sedikit sel pigmen, setiap helaiannya tidak lagi mengandung melanin sebanyak ketika kamu muda.

Alhasil, warna rambut menjadi lebih transparan seperti abu-abu, perak, atau putih, ketika kembali tumbuh. Sel pigmen pun akan menghasilkan melanin (zat warna alami) lebih sedikit seiring waktu. Hal ini membuat rambut beruban dan tampak abu-abu.

2 dari 6 halaman

Beberapa orang mungkin merasa uban merupakan hal yang dapat mengganggu penampilan mereka. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi uban yang salah satunya yakni mencabut setiap helaian yang tumbuh.

Kabar baiknya adalah, hal tersebut tidak benar, demikian tutur Dr Eileen Tan, ahli dermatologi dari Eileen Tan Skin Clinic & Associates di Mount Elizabeth Novena Hospital.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Rambut Ubanan © Diadona

Akan tetapi, jangan senang dulu dan keburu mencabutnya. Karena dengan sering mencabut uban, kamu justru berisiko mengalami rambut rontok secara permanen.

Dikutip dari Channel News Asia, faktanya saat kita mencabut uban, folikel rambut yang kita cabut akan memproduksi beberapa helai uban lain di tempat tersebut.

4 dari 6 halaman

Dan jika kamu terus-terusan mencabut uban dari folikel yang sama, produksi rambut bisa mogok dan mungkin berhenti memproduksi rambut sama sekali.

" Folikel rambut kamu memproduksi warna yang lebih sedikit seiring bertambahnya usia, sehingga ketika rambut melalui siklus alami mati dan hidup lagi, kemungkinan besar akan tumbuh berwarna putih," kata Dr Robert Shmerling dari Harvard Health Publishing.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Rambut Ubanan © Diadona

Jika khawatir dengan adanya rambut beruban, mencabut uban bukan solusinya. Kamu bisa melakukan perubahan gaya hidup yang membantu merawat rambut dengan mempertahankan warna rambut asli lebih lama. Di bawah ini tips merawatnya.

  • Penuhi kebutuhan vitamin pada rambut.
  • Mendapatkan mineral yang cukup.
  • Kurangi menggunakan bahan yang bisa merusak rambut.
  • Kelola stres dengan baik.

 

Beri Komentar