Tentang Penyakit Cacingan - Gejala, Ciri-Ciri, dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Februari 2021 15:49
Tentang Penyakit Cacingan - Gejala, Ciri-Ciri, dan Pengobatannya
Penyakit cacingan seringnya ditandai dengan rasa nggak nyaman di anus penderitanya. Menyiksa banget, untungnya bisa diobati dengan obat cacing yang dijual di pasaran.

Penyakit cacingan adalah hal yang umum terjadi pada anak dan jadi biang kepusingan ibu-ibu. Gejala yang paling utama adanya rasa gataldi anus hingga kurangnya nafsu makan.

Cacing yang menjadi parasit biasanya merupakan cacing kremi tipis berwarna putih, berukuran sekitar 6 sampai 13 milimeter. Infeksi cacing kremi ini bisa menyebar dengan mudah dan gejalanya biasa menyerang anak di umur 5 sampai 10 tahun. Tapi bukan berarti ini tak terjadi pada orang dewasa.

Lebih lanjut mengenai penyakit cacingan ini yuk kepoin ulasan Diadona dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Untuk Mencegah Penyakit Cacingan pada Anak-Anak?

Penyakit Cacingan © Diadona

Karena penyakit cacingan membuat anak nggak nyaman, maka cara yang paling baik adalah dengan mencegahnya. Tapi sebelumnya ketahui dulu mengapa cacingan ini bisa terjadi.

Penyebab penyakit cacingan adalah menelan dan menghirup telur cacing kremi secara nggak sengaja.

Telur cacing kremi bentuknya kecil banget dan bisa masuk ke mulut akibat makanan yang terkontaminasi. Cacing juga bisa masuk melalui minuman atau jari-jari. Setelah tertelan, telur menetas di usus dan matang menjadi cacing dewasa dalam beberapa minggu.

Selanjutnya, cacing betina bakalan bergerak ke daerah anus untuk bertelur. Ini nih yang sering bikin gejala penyakit cacingan berupa gatal di anus.

Nah, saat digaruk, maka telur bakalan menempel di jari dan berada di bawah kuku. Telur itu kemudian pindah ke permukaan lain, kayak mainan, seprai, dan kursi toilet. Telur kremi juga bisa berpindah dari jari yang terkontaminasi ke makanan, cairan, pakaian atau orang lain. Telur ini bisa bertahan hidup hingga 2 sampai tiga minggu, menunggu masuk ke dalam tubuh orang lain.

Trus gimana pencegahannya?

Well, karena bentuknya yang kecil banget dan nggak terlihat mata, sulit banget buat memastikan rumah bebas cacing kremi. Tapi, ada beberapa cara yang membantu menghilangkan telur cacingnya

  • Pastikan semua orang baik yang terinfeksi maupun tidak, untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun. Ini penting banget dilakuin sebelum makan.
  • Semua anggota keluarga harus mandi dan ganti baju setiap hari.
  • Karena telur cacing kemi sangat mungkin menempe di tangan dan kuku, maka pastikan buat memotong kuku sependek dan membersihkannya
  • Berhenti menggigit kuku
  • Untuk orang yang sudah terkena gejala cacingan, maka pastikan penderita untuk nggak menggaruk anus
  • Gunakan air panas untuk mencuci tempat tidur, handuk, dan pakaian di rumah yang terekan dampak cacingan
  • Jangan sampai anak-anak mandi bersama
  • Bersihkan dengan cermat semua permukaan yang mungkin terinfeksi, termasuk mainan, lantai, meja, dan kursi toilet.

2 dari 3 halaman

Gejala Penyakit Cacingan

Penyakit Cacingan © Diadona

Kebanyakan anak-anak yang terinfeksi nggak menunjukkan ciri-ciri orang cacingan. Tapi biasanya muncul juga berupa:

Anus Gatal

Ciri-ciri orang cacingan ini sering muncul di malam hari. Ini karena karena saat cacing kremi udah dewasa, maka cacing kremi betina bakalan bergerak ke usus besar dan keluar dari tubuh melalui anus di malam hari.

Cacing kremi betina bertelur di lipatan kulit di sekitar anus dan kemudian kembali ke usus besar. Kehadiran telur ini sering menyebabkan gatal dan iritasi pada dubur.

Tidur Gelisah

Kemungkinan nih gejaa penyakit cacingan ini terjadi karena di malam hari terjadi pergerakan telur dewasa ke luar tubuh lewat anus.

Rewel

Anak kecil pasti rewel kalau merasa hal yang nggak nyaman dalam tubuhnya. Terlebih saat dirinya mengalami gatal pada anus.

Masalah Pencernaan

Contohnya, sakit perut yang nggak berangsur sembuh, kembung, begah, mual hingga disertai muntah

Kurangnya Nafsu Makan

Ciri-ciri orang cacingan inilah yang mungkin sering dikaitkan dengan berat badan yang kurang pada anak. Tapi, beneran nggak sih kalau kurus adalah salah satu ciri cacingan?

Ternyata, enggak lho.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, anak yang bertubuh kurus sangat mungkin menjadi ciri-ciri orang cacingan. Tapi, nggak selalu anak kurus berati cacingan.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Penyakit Cacingan dan Pengobatannya

Penyakit Cacingan © Diadona

Bila anak atau anggota keluarga mulai terlihat memiliki ciri-ciri cacingan,nggak ada salahnya nih langsung bergegas mengambil tindakan. Banyak obat cacingan yang dijual secara bebas. Kalau berobat ke dokter, biasanya dokter bakalan meresepkan obat anti-parasit, umumnya albendazole. Di Indonesia kita mengenal satu merk obat cacing yang terkenal. Gunakan sesuai dengan aturan pakai ya!

Karena cacingan ini sangat menular, maka seluruh keluarga juga harus ikut minum obat tersebut walaupun nggak merasakan gejala cacingan.

Penyakit cacingan memang umum dijumpai tapi gejala yang ditimbulkan membuat rasa nggak nyaman pada penderitanya. Segera atasi ya!

Beri Komentar