Makan Wortel Bisa Mengatasi Mata Minus, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 16 Juli 2021 17:03
Makan Wortel Bisa Mengatasi Mata Minus, Mitos atau Fakta?
Ternyata gini lho penjelasannya.

Sejak kecil, kita disarankan untuk makan wortel. Wortel dipercaya bisa meningkatkan kesehatan mata kita. Mulai dari sup sampai jus, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari wortel. Wortel memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin A.

Vitamin A dipercaya bisa menjaga kesehatan mata sehingga kita terhindari dari beberapa gangguan mata. Namun, benarkah gangguan mata seperti mata minus bisa sembuh dengan makan wortel?

1 dari 6 halaman

Vitamin A dan Beta Karoten

Ilustrasi Wortel © Diadona

Selama ini, kita mengetahui bahwa wortel mengandung vitamin A. Namun, sebenarnya vitamin A bukanlah yang utama pada wortel untuk menjaga kesehatan kita.

Justru kandungan beta karoten yang ada pada wortel yang baik untuk mata. Beta karoten sendiri merupakan senyawa kimia organik yang baik untuk tubuh.

Di dalam tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Inilah yang nantinya bisa menjaga kesehatan mata.

2 dari 6 halaman

Bisakah Menyembuhkan Mata Minus?

Ilustrasi pria berkacamata © Diadona

Faktanya, wortel mengandung beta karoten dan vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata dan menjaga ketajaman mata. Hanya saja, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Setiyo Budi Riyanto, mengatakan tak ada hubungan antara konsumsi wortel dan mata minus.

" Kalau makan wortel sehari satu kilo, bola matanya berubah atau tidak? ya nggak. Jadi tidak ada hubungan antara makanan dan gangguan kacamata," katanya seperti dilansir dari laman Klikdokter.com.

3 dari 6 halaman

Hanya Bisa Mencegah

Ilustrasi Wortel © Diadona

Itu karena wortel hanya bersifat untuk mencegah, bukan menyembuhkan gangguan mata. Selain itu, mata minus terjadi karena adanya perubahan bentuk bola mata kita.

Sedangkan kandungan pada wortel lebih bermanfaat untuk bagian retina dan syaraf-syarafnya, bukan untuk mengubah bola mata.

" Mau tiap hari makan wortel, pasti tetap berkacamata kalau tidak dibenahi," sambungnya.

4 dari 6 halaman

Bermanfaat untuk Retina Mata

Meski demikian dr Budi tak menampik bahwa wortel sangat baik untuk retina mata. Seperti membuat sirkulasi pembuluh darah di sekitar mata membaik dan jaringan di sekitar mata tetap terjaga fungsinya.

" Jadi bukan berarti tidak baik, tetap baik. Sel-sel di mata akan di maintain dengan baik, khususnya pada orang tua," tambahn.ya

5 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Mata Minus

Ilustrasi Operasi Lasik © Diadona

Sebenarnya, mata minus itu agak sulit untuk disembuhkan, nih, teman-teman. Namun, ada beberapa cara supaya penglihatan kita tetap baik saat terkena minus.

Caranya yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan kacamata dan juga lensa kontak. Kita juga bisa mencoba cara lain, yaitu operasi penanaman lensa dan lasik.

Beri Komentar