Tanpa Bahan Kimia, Ini Berbagai Obat Sakit Kepala Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 19 Juli 2021 12:20
Tanpa Bahan Kimia, Ini Berbagai Obat Sakit Kepala Alami yang Bisa Dicoba di Rumah
Beberapa cara alami ini bisa jadi obat sakit kepala ringan, loh!

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang kerap dikeluhkan dan cukup mengganggu. Beberapa sakit kepala yang bisa dialami oleh manusia antara lain sakit kepala karena ketegangan, migrain, dan klaster yang muncul di belajkang mata, dan sinus hingga menimbulkan tekanan di dahi hingga pipi.

Sering kali, ketika kita sakit kepala, obat-obatan selalu jadi pilihan untuk meredakan sakit kepala. Padahal, kamu juga bisa menggunakan cara-cara alami untuk meredkan sakit kepala. Apa aja sih, cara alami untuk meredakan sakit kepala secara alami? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 8 halaman

1. Minyak Atsiri

Minyak Atsirin © Diadona

Minyak Atsiri ternyata bisa juga untuk mengatasi sakit kepala ringan, loh. Melansir dari Healthline, minyak atsiri atau minyak esensial lavender dan peppermint bisa membantu menghilangkan sakit kepala jenis ketegangan seperti stres, atau nyeri otot leher dan bahu.

Cara menggunakannya cukup mudah. Minyak lavender atau peppermint yang sudah diencerkan tinggal dioleskan ke bagian pelipis.

2 dari 8 halaman

2. Kompres

Kompres ternyata sangat efektif untuk atasi sakit kepala ringan. Melansir dari Insider, untuk migrain atau tipe sakit kepala yang menjalar dari satu area dan menyebar ke area lain, gunakan kompres dingin sebagai obat sakit kepala alami.

Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan es batu yang dibalut handuk kecil atau lap bersih kecil. Lalu tempelkan kompres dingin ke bagian kepala yang sakit. Suhu dingin ini menghasilkan efek mati rasa yang bisa mengurangi rasa sakit.

Nah, untuk kompres panas atau hangat lebih cocok digunakan sebagai obat sakit kepala alami yang berjenis ketegangan. Sakit kepala karena stres atau otot leher dan bahu kaku ditandai dengan nyeri tumpul, sakit, dan rasa tak nyaman pada dahi.

Saat mengalami hal ini, kamu bisa menggunakan kompres hangat.

3 dari 8 halaman

3. Kopi dan Teh

Ilustrasi Kopi © Diadona

Kopi atau teh ternyata juga ampuh membantu mengatasi sakit kepala ringan. Kafein yang ada dalam kopi dan teh bisa membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi gejala sakit kepala.

Namun, minum kopi atau teh tak dianjurkan untuk orang yang sedang mengalami sakit kepala karena gejala penarikan kafein saat diet minum kopi atau teh.

4 dari 8 halaman

4. Jahe

Ilustrasi Jahe © Diadona

Jahe adalah salah satu tanaman rempah dan obat-obatan yang punya banyak khasiat dalam tubuh. Salah satunya adalah mengobati sakit kepala.

Jahe mengandung senyawa yang bermanfaat seperti antioksidan dan antiperadangan. Selain menghilangkan sakit kepala, jahe juga bisa membantu mengurangi mual dan muntah yang disertai sakit kepala.

5 dari 8 halaman

5. Pijat

Ilustrasi Pijat © Diadona

Selain bisa meredakan nyeri otot, pijat juga ternyata bisa mengobati sakit kepala ringan. Melansir dari Medical News Today, pijat di beberapa bagian tubuh bisa membantu mengatasi sakit kepala jenis ketegangan.

Saat mengalami sakit kepala jenis ketegangan, bagian tubuh yang dipijat biasanya bagian belakang leher, mencubit bagian atas hidung, area di antara alis, pelipis hingga rahang.

6 dari 8 halaman

6. Akupuntur

Ilustrasi Akupuntur © Diadona

Seperti yang kita tahu, akupuntur merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional asal China yang memanfaatkan jarum untuk merangsang titik tertentu dalam tubuh.

Melansir dari berbagai sumber, akupuntur bisa menghilangkan sakit kepala juga, loh. Tapi mengobati sakit kepala dengan akupuntur ini perlu dilakukan oleh terapis yang berpengalaman.

7 dari 8 halaman

7. Relaksasi

Relaksasi bisa juga untuk mengatasi bebagai gejala sakit kepala jenis klaster. Kamu bisa memanfaatkan latiah pernapasan seperti yoga dan meditasi.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah mengambil napas panjang lalu perlahan hitung sampai lima, kemudaian lepaskan pelan-pelan. Ulangi hingga sakit kepala mereda.

8 dari 8 halaman

Itulah beberapa obat alami untuk meredakan sakit kepala ringan. Perlu diingat, bahwa ini adalah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan ketika mengalami sakit kepala ringan. Ini juga sebagai opsi apabila kamu ingin menghindari obat kimia.

Namun, kamu perlu konsultasi kepada dokter jika sakit masih berlanjut untuk penanganan yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat ya diazens.

Beri Komentar