Tahu Gak Sih, Ternyata Hidung Manusia Masih Terus Tumbuh sampai Dewasa

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 15 September 2021 07:57
Tahu Gak Sih, Ternyata Hidung Manusia Masih Terus Tumbuh sampai Dewasa
Pertumbuhan hidung masih bisa terus berlangsung sampai tua.

Memasuki usia dewasa, apakah semua bagian tubuh akan berhenti bertumbuh? Ternyata tidak. Banyak yang tidak sadar bahwa hidung juga ikut tumbuh seiring bertambahnya usia.

Lantas, bagaimana cara hidung tumbuh? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Hidung Terus Tumbuh

Faktanya, hidung terus tumbuh seiring dengan pertambahan usia berkat adanya perubahan jaringan lunak, otot, dan kelenturan tulang rawan.

Melansir Verywell, sebuah penelitian yang diterbitkan Forensic Science International telah memerhatikan adanya perubahan di bagian hidung pada beberapa kelompok etnis yang berbeda, yaitu orang keturunan Tiongkok, India, Melayu, Eropa Tengah, dan Afrika-Amerika.

Hasilnya, orang yang berusia lebih tua cenderung memiliki ukuran dan bentuk hidung yang lebih besar daripada orang berusia muda. Ini membuktikan bahwa ternyata hidung tumbuh mengikuti pertambahan usia seseorang.

Ilustrasi HidungIlustrasi Hidung © Freepik

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Hidung Usia Remaja sampai Dewasa

Mulai memasuki usia remaja dan berlanjut hingga dewasa, pertumbuhan jaringan lunak di bagian hidung cenderung lebih cepat terjadi pada remaja perempuan dibandingkan laki-laki. Tinggi hidung bisa meningkat hingga 2 kali lipat saat menginjak usia 20 tahun dibandingkan saat dilahirkan.

Walaupun hidung perempuan tumbuh lebih cepat, pada dasarnya hidung laki-laki cenderung lebih besar ketimbang hidung perempuan. Pada perempuan, volume hidung dapat bertambah hingga 42 persen lebih besar pada di usia 18 sampai 30 tahun. Sementara pada laki-laki, hidung tumbuh membesar hingga mencapai 36 persen di usia yang sama.

3 dari 3 halaman

Pertumbuhan Hidung Lanjut Usia

Tak hanya sampai di situ. Pertumbuhan hidung akan melambat saat memasuki usia 30 tahun. Menariknya, volume hidung dapat meningkat lagi di usia 50-60 tahun.

Pada pria, peningkatan volume ini bisa mencapai 29 persen, sedangkan pada wanita hanya 18 persen.

Gimana, sekarang jadi paham kan?

Beri Komentar