Kumur Pakai Air Garam Bisa Atasi Sakit Gigi, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 13 September 2021 19:03
Kumur Pakai Air Garam Bisa Atasi Sakit Gigi, Benarkah?
Ternyata begini lho penjelasannya.

Selama ini banyak orang berkumur air garam hangat ketika sakit gigi atau mengalami masalah kesehatan mulut lainnya. Sebagian besar mempercayai bahwa air garam hangat sangat ampuh meredakan rasa sakit atau nyeri di mulut.

Namun, apakah air garam hangat itu benar-benar efektif dalam meredakan dan menyembuhkan sakit gigi?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Garam © Diadona

Garam alami, yaitu natrium klorida dipercaya bisa membantu menurunkan pertumbuhan bakteri di mulut. Selain itu, garam juga bisa menyerap molekul air yang dibutuhkan bakteri untuk hidup dan berkembang.

Tapi, apakah benar demikian?

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Air Garam © Diadona

Menurut penjelasan dari laman Liputan6.com dari seorang dokter gigi, yaitu drg. Calista, hal ini adalah mitos saja. Penyebab sakit gigi yang tersering, kata Callista, adalah karena gigi berlubang.

Kondisi ini terjadi karena ada makanan menyelip yang tidak dibersihkan lama kelamaan membuat gigi berlubang.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Setelah itu, lubang bekas makanan tadi dimasuki oleh sisa makanan lagi dan biasanya sakit gigi baru terasa. Jadi rasa sakit gigi berkurang karena berkumur dengan air garam itu menghempaskan sisa makanan yang ada di gigi berlubang.

" Kalau misalkan kumur-kumur pakai air garam atau pakai air biasa, itu biasanya kalau kotorannya hilang, sakitnya akan berkurang," tuturnya dikutip dari Liputan 6.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Alih-alih hanya mengandalkan air garam, Callista menekankan, bila ada masalah gigi, lebih baik segera ke dokter.

Callisata menekankan bahwa air garam bukan menghilangkan rasa sakit gigi melainkan hanya meredakan rasa sakit. Selain itu, tergantung pada tingkat keparahan sakit gigi.

Callista menambahkan, air garam berfungsi untuk meredakan gusi yang bengkak, yang biasanya terjadi setelah operasi gigi atau cabut gigi.

" Jadi, tergantung kondisi penyebab sakit giginya," jawab dokter gigi yang sehari-hari praktik di Almeira Clinic Jakarta Selatan.

5 dari 5 halaman

Yang perlu diingat bahwa air garam berfungsi untuk meredakan gusi yang bengkak akibat sakit gigi akan membuat seseorang merasa lebih baik. Sehingga, dampak terasa pada gusi bukan gigi.

Bila ke dokter, akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya sehingga pengobatan bakal tepat.

" Bukan cuma diobati gejalanya saja tapi mengatasi dari sumbernya juga, kalau enggak nanti bisa kambuh lagi," tekannya.

Beri Komentar