Suka Motoran Malam Hari, Ini Bahaya Kesehatan yang Bisa Mengintai!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 9 Agustus 2022 07:57
Suka Motoran Malam Hari, Ini Bahaya Kesehatan yang Bisa Mengintai!
Siapa nih yang suka naik motor malem-malem?

Risiko naik motor ternyata bukan hanya kecelakaan lalu lintas, melainkan juga bahaya untuk kesehatan tubuh tanpa kamu sadari, terlebih ketika mengarungi kerasnya jalanan di malam hari.

Lantas, apa saja risiko kesehatannya? Simak ya!

1 dari 5 halaman

Naik Motor Malam Hari Mengganggu Pernapasan

Naik motor pada malam  hari identik dengan angin malam yang menerpa tubuh. Kena angin malam akan sedikit banyak memengaruhi kerja sistem pernapasan. Hal ini karena suhu angin yang berhembus di malam hari lebih dingin dan kering daripada angin di siang atau sore hari.

Saat dihirup lewat hidung atau mulut, udara kering yang masuk akan membuat hidung dan saluran pernapasan ikut mengering dan hidung pun akan lebih sulit untuk menyaring kuman-kuman yang masuk.

2 dari 5 halaman

Naik Motor Malam Hari Bisa Menyebabkan Paru-paru Basah?

Paru-paru basah atau yang biasa disebut efusi pleura terjadi karena adanya kelebihan cairan di pleura. Pleura adalah selaput yang melapisi dinding rongga dada, yang menjadi 'rumah' untuk paru-paru. Selaput pleura terletak di antara paru-paru dan dinding rongga dada manusia.

Paru-paru basah itu sendiri pun bukanlah sebuah penyakit atau kondisi kesehatan, melainkan gejala dari suatu penyakit. Biasanya memang selaput ini sedikit berair supaya paru-paru dalam rongga dada tidak saling bergesekan. Tapi, pleura bisa kelebihan cairan atau jadi “ basah” kalau ada gangguan tertentu.

3 dari 5 halaman

Paru-paru basah bisa disebabkan oleh infeksi virus dan parasit, seperti Streptococcus pneumoniae (penyebab pneumonia) atau Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberkulosis), yang bisa menyebar lewat udara ataupun kontak dengan orang yang terinfeksi.

Kuman-kuman ini tentunya lebih mudah masuk saat kamu di udara dingin dan kering karena hidung menjadi lebih sulit untuk menyaring dan mengeluarkan kuman-kuman ini.

4 dari 5 halaman

Tips Aman Naik Motor Malam Hari

Berbagai risiko kesehatan naik motor umumnya bisa dicegah dengan cara-cara berikut:

  • Pakai jaket yang bisa menahan angin (bahan parasut).
  • Gunakan juga pakaian lengkap dengan celana panjang dan sarung tangan.
  • Helm dan masker adalah aksesoris berkendara yang wajib dan selalu penting dikenakan saat naik motor, entah itu di siang atau malam hari berkelana dengan motor di malam hari.

Beri Komentar