Sering Mimpi Aneh saat Demam Tinggi? Yuk, Kenali Fenomena Fever Dream

Reporter : Mila
Selasa, 22 Juni 2021 18:57
Sering Mimpi Aneh saat Demam Tinggi? Yuk, Kenali Fenomena Fever Dream
Mimpi yang aneh saat demam ternyata ada sebabnya, lho.

Saat suhu tubuh melewati 37 derajat Celsius, kamu dipastikan mengalami demam. Demam biasanya adalah respons tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Sayangnya, demam bisa membuat kita lemah dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Saat demam, apakah kamu sering bermimpi? Kalau iya, itu bukanlah hal yang aneh. Mimpi yang sering terjadi saat demam disebut fever dream. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fever dream, simak terus artikel di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Apa Itu Fever Dream?

Fever dream adalah gabungan dari kata demam (fever) dan mimpi (dream). Kondisi mimpi ini terjadi saat tubuh tengah mengalami demam.

Sebuah studi di Jerman dalam International Journal of Dream Research tahun 2016 menggolongkan fever dream sebagai mimpi buruk dan pengalaman yang tidak mengenakkan. Meski begitu, para ilmuwan tidak tahu pasti kenapa fever dream terjadi.

Akan tetapi, ada salah satu hipotesis yang mengatakan bahwa suhu tubuh tinggi bisa mengganggu kinerja kognitif otak. Dalam penelitian bertajuk Fever Dreams: An Online Study, para peneliti Jerman dan Swiss mengatakan bahwa otak 'kepanasan' sehingga tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, mimpi yang aneh dan menakutkan pun terjadi. Selain itu, demam juga memicu halusinasi, mood swing, dan kelinglungan saat bangun.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah Fever Dream?

Sebenarnya, cara paling mudah untuk mencegah fever dream adalah dengan menurunkan demam. Dengan begitu, mimpi pun bisa kembali seperti semula.

Jadi kalau kamu demam, pastikan kamu:

  • Beristirahat dengan cukup
  • Minum banyak cairan
  • Minum obat penurun demam (ibuprofen, asetaminofen, atau aspirin)
  • Makan makanan yang mudah dicerna
  • Mandi air hangat

Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat ya.

Beri Komentar