Sering Mencubit Hidung bisa Bikin Makin Mancung, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 2 Agustus 2020 08:25
Sering Mencubit Hidung bisa Bikin Makin Mancung, Mitos atau Fakta?
Pengen hidung mancung dengan mencubit hidung, apakah ini mitos yang dibenarkanmedis?

Memiliki hidung mancung adalah keinginan banyak orang. Hidung yang mancung dianggap lebih menarik, karena itulah banyak dari kita yang berusaha ingin membuat hidung kita terlihat mancung.

Terdapat salah satu mitos yang mengatakan jika dengan sering mencubit hidung dapat membuatnya jadi makin mancung. Bener nggak sih?

Hidung merupakan salah satu bagian penting, terlebih bagi proses pernafasan. Hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang akan terus tumbuh seiring bertambahnya usia.

1 dari 2 halaman

Mencubit hidungMencubit hidung © keckmedicinecom

Proses pembentukan hidung telah dimulai sejak awal kehamilan, umumnya proses ini akan selesai pada usia 10 tahun.

Jika ingin membuat hidung mancung dengan dengan cara mencubitnya, sebenarnya hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran hal ini, begitupun pada bayi. Bahkan beberapa dokter justru mengkhawatirkan hal ini justru dapat membuat hidung cedera jika dilakukan secara terus menerus dan berulang kali.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Sakit HidungIlustrasi Sakit Hidung © shutterstock.com

Hingga kini membuat hidung mancung adalah salah satu tindakan operasi yang banyak dilakukan. Salah satu jenisnya adalah setoplasty yang tujuannya untuk medis mempercantik penampilan.

Sebenarnya memiliki hidung yang tak mancung bukanlah suatu kekurangan yang perlu membuat kita tak percaya diri. Karena setiap dari kita memiliki kecantikannya masing-masing kok, percaya deh!

Beri Komentar