Sering Kelepasan, Tertawa Berlebihan Bisa Ancam Nyawa lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 November 2020 19:27
Sering Kelepasan, Tertawa Berlebihan Bisa Ancam Nyawa lho!
Waduuh~

Hidup itu berat. Maka salah satu cara agar menjalani kehidupan dengan santuy adalah dengan adanya canda tawa. Sudah banyak manfaat yang dirasakan karena tertawa. Bisa membuat keadaan psikologis lebih sejahtera, bahkan kesehatan kardiovaskular.

Tapi yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan berlebihan. Sudah sering kita dengar bahwa sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Dan ternyata, tertawa adalah salah satunya.

Sebeb melansir dari Business Insider, tertawa berlebihan bisa mengancam nyawa lho!

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Ketawa © Diadona

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di British Medical Journal, bahwa tertawa bisa menyebabkan kematian jika berlebihan. Meninjau sekitar 5.000 penelitian, penulis makalah penelitian tersebut menyebutkan bahwa tawa intens bisa memicu pingsan, asma, hernia, sakit kepala, inkontinensia, dislokasi rahang, dan aritmia.

" Kami tak tahu seberapa tertawa itu aman," tulis Robin E. Ferner dari The University of Birmingham, penulis penelitian. " Mungkin ada kurva berbentuk U: Tertawa itu baik untukmu. Tapi tertawa dalam juga yang berlebihan itu buruk, mungkin."

 

2 dari 3 halaman

Bahkan, tertawa berlebihan bisa menyebab sindrom Boerhaave, lubang di kerongkongan yang timbul secara spontan yang sering terjadi karena muntah.

Seorang dokter bernama James Hamblin, yang meliput kesehatan untuk The Atlantic, menulis untuk Splitsider berbentuk esai pada tahun 2011 tentang tertawa dan kematian. Dirinya menyebutkan bahwa tertawa sangat keras bisa merupsak aneurisma, gejala mengeringan seperti kejang atau stroke.

 

Beri Komentar