Sering Dengar Mood Swing? Katanya sih Ini Aquarius Banget

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 7 Februari 2020 17:03
Sering Dengar Mood Swing? Katanya sih Ini Aquarius Banget
Hei aquarius, suasana hati kamu emang cepat banget berubah, ya?

Pagi ini saya mendapat obrolan dari rekan kerja shift pagi saya, katanya dari beberapa sumber yang dia baca, Aquarius itu orangnya mood swing-an.

Karena saya adalah seorang Aquarius yang lahir di antara tanggal 20 Januari sampai 18 Februari, dan kebetulan masih 'buram' dengan apa itu mood swing, saya pun berselancar ke internet.

Di dalam hati, saya sekalian bertanya-tanya: emang iya saya yang seorang aquarius itu mood swing?

1 dari 4 halaman

Suasana hati yang cepat berubah

Dari Medicinenet.com, saya mendapati bahwa inti dari mood swing itu adalah perubahan suasana hati seseorang yang sangat cepat.

Kalian tahu Alexander Thian? Dalam akun instagramnya @amrazing, dia pernah membuat story instagram bahwa aquarius kalau marah atau kesal sama seseorang, itu cepat banget reda. Dalam sekejap, aquarius yang tadinya kesel, bisa langsung haha-hihi sama kamu.

Ilustrasi Aquarius Amrazing © Diadona

Mengetahui postingnya, saya jadi merenungkan diri saya sendiri. Iya juga, ya. Beberapa teman saya yang berzodiak aquarius ketika ditanyain soal suasana hati yang cepat berubah, mereka pun setuju dengan pernyataan ini.

Tapi, nggak cuma ketika marah saja. Bisa juga hal lainnya. Misalnya dari senang ke sedih. Dari sedih ke senang. Dari bad mood ke good mood. Tiba-tiba, bisa cuma selang beberapa jam aja. Nggak jelas alasannya juga.

2 dari 4 halaman

Erat Kaitannya dengan Bipolar

Kalau di Very Well Mind, mood swing juga bisa dibilang 'roller coaster'. Tahu kan roller coaster itu? Ya, mood swing bisa disamakan seperti wahana kereta tersebut. Tiba-tiba (suasana hati) naik, tiba-tiba turun. Pokoknya dibikin campur aduk.

Mood swing ini ternyata erat kaitannya dengan gangguan kesehatan mental, seperti depresi berat bahkan bipolar. Suatu waktu bisa bahagia banget, suatu juga bisa sedih banget. Menurut Medical News Today, bipolar ini juga bisa dibilang manic depression, yang merupakan gangguan mental serius.

Wah, ternyata mood swing bukan hal yang sepele, ya?

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Mood Swing?

ilustrasi wanita berpikir © Diadona

Kalau kita mengenyampingkan perkara zodiak, mood swing ini bisa disebabkan beberapa hal.

Mood swing bisa disebabkan karena faktor cuaca. Orang yang cukup terkena sinar matahari biasanya punya mood yang bagus karena hormor endorfin yang diproduksi dengan baik. Kalau kekurangan sinar matahari, bisa saja karena mendung atau hujan, suasana hati bisa buruk.

Atau karena menstruasi. Perubahaan mood bisa dikaitkan dengan turunnya hormon tubuh terutama estrogen, dan itu bisa terjadi selama menstruasi.

Namun bisa jadi karena faktor eksternal selama kita menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya stres karena pekerjaan, orang-orang yang menyebalkan, tugas-tugas sekolah, dan lain sebagainya.

 

 

4 dari 4 halaman

Sekarang kamu sudah kan, apa mood swing itu?

Kamu seorang aquarius? Bener nggak kamu orangnya mood swing-an? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar