Seharian Kerja di Depan Layar, Ini 5 Cara Simpel agar Mata Tidak Mudah Lelah

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 2 Juni 2021 08:27
Seharian Kerja di Depan Layar, Ini 5 Cara Simpel agar Mata Tidak Mudah Lelah
Hayo siapa yang kerjanya di depan layar seharian nih di rumah?

Di zaman sekarang ini, semua serba canggih. Hampir semua pekerjaan mengandalkan alat teknologi berupa handphone, laptop, komputer, dan semacamnya. Di rumah apalagi nih, seharian bisa-bisa menghadap layar mulu. Namun gimana lagi? Pekerjaan tetaplah pekerjaan.

Nah biar nggak mudah lelah, melansir dari Healthline via Merdeka.com, ini cara mudah mengatasinya.

 

1 dari 6 halaman

Sering Berkedip

Ilustrasi Wanita Berkedip © Diadona

Di depan layar bisa membuatmu selalu terpaku dan alhasil jarang berkedip. Lama-lama, hal inilah yang bisa menyebabkan matamu jadi kering. Mata lelah dan pandangan bisa buram. Maka, sadarlah dan sering-seringlah berkedip agar mata bisa mendapatkan sirkulasi kelembapan yang baik.

 

2 dari 6 halaman

Istirahat Rutin

Ilustrasi Wanita Istirahatkan Mata © Diadona

Selalu berada di depan layar bisa membuat otot-otot matamu tegang jika tidak diistirahatkan. Maka dari itu, perlu bagi kalian untuk menyingkir dari layar guna beristirahat dengan berfokus pada benda-benda lain.

 

3 dari 6 halaman

Siapkan Pencahayaan yang Baik

Agar mata tetap sehat, pastikan ruangan atau tempat kamu bekerja mempunyai pencahayaan yang baik. Sebab kalau gelap-gelapan, mata menjadi merasa tertekan berlebihan. Kasihan, kan?

 

4 dari 6 halaman

Gerakkan Mata

Kalian bisa menjaga kesehatan mata kalian dengan melakukan gerakan senam mata. Contohnya menggerakan bola mata ke kanan dan ke kiri sebanyak 20 kali, ke atas dan ke bawah, bahkan memutarkannya beberapa kali.

 

5 dari 6 halaman

Beri Kehangatan pada Mata

Ilustrasi Wanita Senang © Diadona

Beri kehangatan mata? Gimana caranya? Gampang banget. Gosokan kedua telapal tanganmu hingga hangat. Kemudian, telakan kedua telapak tanganmu di mata. Diamkan selama 10 menit dan pastikan mata tertutup. Dengna melakukan caa ini, mata lelah akan hilang.

 

Beri Komentar