5 Rekomendasi Jamu untuk Wanita untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 17 April 2024 10:22
5 Rekomendasi Jamu untuk Wanita untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan
Itu dia rekomendasi jamu-jamu yang cocok dikonsumsi wanita. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, khasiat yang didapatkan juga banyak, loh!

Jamu dapat disebut juga sebagai minuman herbal yang dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit. Terbuat dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, daun, bahkan akar-akaran yang sering kali digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Jamu merupakan obat alami yang sudah alam dikonsumsi sehingga menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang kaya.

Jamu memiliki banyak manfaat. Terutama bagi wanita yang rutin mengkonsumsi jamu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari menjaga keseimbangan hormon hingga kekebalan tubuh. Berikut beberapa rekomendasi jamu yang bisa kamu jadikan pilihan untuk wanita yang tertarik menjaga kesehatan melalui pengkonsumsian jamu.

 

1 dari 5 halaman

1. Jamu Kunyit Asam

Rekomendasi Jamu untuk Wanita © Diadona© Freepik

Terkenal dengan khasiatnya, yaitu untuk membersihkan darah dan menyegarkan tubuh. Jamu ini berisikan kombinasi kunyit, asam jawa, serta gula merah sebagai pemanisnya agar rasa jamu tetap enak dan segar. Dengan rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam, kesehatan organ pencernaanmu akan terjaga. Selain itu jamu ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga membantu mengurangi peradangan yang ada di tubuh.

Terdapat manfaat lainnya yang sangat berpengaruh untuk kesehatan wanita, yaitu melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan, loh Diazens! Kunyit asam juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat membuat kulit menjadi bersih, glowing, dan juga bebas jerawat. Minum jamu kunyit asam secara rutin juga dapat mengontrol produksi keringat berlebih juga melawan bakteri penyebab bau badan.

Kamu dapat menambahkan perasan jeruk nipis, madu, asam muda, maupun temulawak sebagai pemanis.

 

2 dari 5 halaman

2. Beras Kencur

Rekomendasi Jamu untuk Wanita © Diadona© Freepik

Jamu beras kencur terbuat dari beras, kencur, jahe, dan beberapa bahan herbal lainnya yang memberikan sensasi dan rasa hangat dan sedikit pedas, sehingga cocok diminum saat cuaca dingin atau ketika tubuh sedang lelah dan pegal. 

Terkenal sebagai jamu atau obat penyembuh gangguan pencernaan, mengurangi rasa kembung, dan memberikan energi tambahan. Beras kencur sangat cocok diminum rutin bagi seseorang yang ingin terasa lebih segar dan gampang lelah. 

Beras kencur juga dapat mengatasi jerawat, mencerahkan, mengencangkan kulit, serta membantu menurunkan berat badan. Beras kencur sangat enak jika diminum dalam ke adaan dingin!

 

3 dari 5 halaman

3. Jamu Sinom

Rekomendasi Jamu untuk Wanita © Diadona© Freepik

Sinom bermanfaat dalam membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Sehingga setelah meminumnya secara rutin, badan akan jauh terasa lebih segar dan racun dalam tubuh terbuang. Akibatnya, kulit juga akan tampak lebih bersih, bercahaya, dan bebas dari jerawat.

Terbuat dari asam jawa yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah seperti temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, serta gula merah yang menjadikan jamu sinom terasa enak dan manis. Disajikan saat dingin lebih nikmat!

 

4 dari 5 halaman

4. Jamu Daun Sirih

Rekomendasi Jamu untuk Wanita © Diadona© Freepik

Jamu daun sirih memiliki banyak manfaat terutama bagi wanita. Terbuat dari ekstrak daun sirih yang dicampur dengan kapur sirih dan gula merah, yang dapat memberikan rasa segar dan aromatik yang membuatnya cocok dikonsumsi setelah makan. 

Terkenal pula manfaatnya untuk membersihkan mulut dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, serta yang utama membantu mengatasi keputihan pada wanita. Selain itu jamu ini juga dapat mengatasi jerawat dan bau badan yang tidak sedap.

Jamu ini dapat dicampur dengan garam, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, kapulaga, kayu manis, kencur, dan juga kunyit agar jauh lebih segar.

 

5 dari 5 halaman

5. Jamu Temulawak

Rekomendasi Jamu untuk Wanita © Diadona© Freepik

Temulawak terkenal dengan manfaatnya yang dapat melancarkan nafsu makan dan meredakan gejala masuk angin serta pusing. Jamu temulawak juga cocok dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid pada wanita. Selain itu, temulawak juga terkenal manfaatnya untuk membersihkan hati dan menjaga kesehatan kulit serta rambut.

Itu dia rekomendasi jamu-jamu yang cocok dikonsumsi wanita. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, khasiat yang didapatkan juga banyak, loh! Yuk mulai jaga kesehatan tubuhmu dari dalam dengan rutin mengkonsumsi jamu.

Editor: Najwa Al Rasyidah

Beri Komentar