5 Makanan untuk Mencegah Kolesterol Pasca Lebaran agar Tidak Menyebabkan Masalah Jantung

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 15 April 2024 19:02
5 Makanan untuk Mencegah Kolesterol Pasca Lebaran agar Tidak Menyebabkan Masalah Jantung
Dengan memilih makanan yang sehat dan seimbang, kamu tetap dapat menikmati selama perayaan dan pasca lebaran tanpa meningkatkan resiko kesehatan

Lebaran merupakan waktu di mana keluarga dan kerabat jauh untuk berkumpul. Tak lengkap rasanya jika tidak mengadakan masak dan makan bersama. Makanan khas lebaran biasanya terdapat gulai, opor, dan makanan bersantan juga berminyak lainnya. Makanan tersebut sangat lezat hingga membuat kita sulit untuk menahan diri untuk tidak menyantapnya.

Namun, bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi, memilih makanan yang tepat dan seimbang menjadi hal perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Berikut merupakan rekomendasi beberapa makanan yang dapat membantu kamu mencegah kolesterol tinggi selama dan sesudah perayaan lebaran tanpa takut untuk mengurangi kesenangan saat makan bersama keluarga.

 

1 dari 6 halaman

1. Teh Hijau

Manfaat Green Tea © Diadona© healthywomen.org

Teh hijau terkenal banyak manfaatnya. Dengan kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu dengan meminum teh hijau juga dapat menjadi alternatif minuman penyegar selama perayaan lebaran.

Selain itu teh juga mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta katekin yang dapat membantu menghambat sintesis dan penyerapan kolesterol juga membantu pencegahan pembekuan darah. Dengan meminum teh hijau secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

2 dari 6 halaman

2. Minyak Zaitun

 

Ilustrasi Olive Oil © Diadona© shutterstock.com/g/dusanzidar

Menjadikan minyak zaitun sebagai alternatif pengganti minyak goreng untuk masakanmu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Gunakan minyak zaitun sebagai bahan utama dalam marinasi untuk hidangan lebaran. Selain lezat, hidangan yang disajikan juga akan jauh lebih sehat.

Minyak zaitun memiliki banyak asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar HDL baik dan menurunkan kolesterol LDL buruk. Tak hanya itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol, asam oleat, dan oleocanthal yang dapat melawan dan mengurangi peradangan yang mengakibatkan penyakit jantung.

 

3 dari 6 halaman

3. Buah-Buahan Segar

Ilustrasi Buah-buahan © Diadona© Freepik.com

Buah-buahan merupakan makanan yang dapat mengurangi kolesterol yang paling mudah untuk ditemukan. Buah-buahan seperti apel, alpukat, pir, jambu biji, pepaya, jeruk, juga anggur yang memiliki serat tinggi dan antioksidan alami yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Kamu dapat menyajikan buah-buahan segar untuk pencuci mulut atau sekedar camilan sehat untuk disajikan saat makan bersama keluarga. Serat sangat penting untuk tubuh, lantaran ia dapat mendorong tubuh untuk membuang kolesterol dan menghentikan produksinya.

 

4 dari 6 halaman

4. Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan © Diadonadailymail.co.uk

Kacang-kacangan mengandung lemak sehat dan serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol, seperti almon,  kenari, dan juga kacang tanah. Kamu dapat menyajikan kacang-kacangan tersebut sebagai cemilan sehat saat lebaran. Atau juga dapat kamu tambahkan dalam hidangan makanan lainnya untuk memberikan tambahan tekstur dalam makanan yang disajikan.

Selain itu kacang-kacangan pistachio juga sangat kaya akan nutrisi, tinggi lemak tak jenuh dan serat. Kacang-kacangan juga kaya akan varietas asam lemak omega-3, yaitu sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung. Selain itu dengan mengkonsumsi kacang-kacangan akan mendapatkan manfaat lainnya, seperti membantu menurunkan kolesterol dengan cara menghalangi penyerapannya di usus, lantaran kacang-kacangan juga mengandung pitosterol. 

 

5 dari 6 halaman

5. Ikan

Ilustrasi Ikan Bakar Special © Diadona© Foodandwine.com

Ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung juga membantu menurunkan trigliserida, yaitu sejenis lemak seperti kolesterol yang ditemukan dalam darah yang mana dapat menjadi alasan pembuluh darah semakin keras dan tebal. Mengkonsumsi ikan sebagai hidangan utama saat lebaran dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung keluarga kamu, loh Diazens. 

American Heart association juga merekomendasikan setiap individu untuk setidaknya mengkonsumsi 7 ons ikan berlemak, seperti ikan kembung, salmon, makarel, tuna, dan ikan haring per minggunya. 

 

6 dari 6 halaman

6. Yogurt Rendah Lemak

Yogurt © Diadona© seriouseats.com

Yogurt terkenal dengan kandungan probiotiknya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan tentunya. Kamu dapat menyajikan yogurt sebagai hidangan penutup, pencuci mulut, atau sebagai campuran dalam smoothie untuk camilan sehat saat lebaran. Kamu juga bisa menyajikannya bersama buah segar agar lebih nikmat!

Dengan memilih makanan yang sehat dan seimbang, kamu tetap dapat menikmati perayaan lebaran tanpa meningkatkan resiko kesehatan. Jangan lupa tetap rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Editor: Najwa Al Rasyidah

Beri Komentar