Punya Teman Curhat Ternyata Bikin Otak Lebih Sehat, Kok Bisa?

Reporter : Mila
Sabtu, 28 Agustus 2021 07:57
Punya Teman Curhat Ternyata Bikin Otak Lebih Sehat, Kok Bisa?
Simak yuk fakta penelitiannya!

Setiap orang pasti punya permasalahannya sendiri. Dengan masalah yang ada, kita bisa mencapai 'titik puncak' yang kadang membuat stres bukan main.

Nah, di saat inilah biasa kita butuh mengeluarkan perasaan dan emosi. Kita pun akhirnya curhat dengan orang-orang tertentu, entah itu keluarga, pasangan, sahabat, atau bahkan orang asing. Lega? Pastinya dong.

Tapi selain itu, menurut penelitian, curhat bisa membuat otak lebih sehat. Kok bisa ya?

1 dari 4 halaman

Studi Terbaru dan Penelitian Terdahulu

Melansir Everyday Health, sebuah studi yang melibatkan tim peneliti Amerika Serikat (AS) berjudul " Association of Social Support With Brain Volume and Cognition" ingin mencari tahu hubungan antara dukungan sosial dan penurunan kognitif. Temuannya dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network Open pada 16 Agustus 2021 lalu.

Sementara, profesor epidemiologi di Columbia University, AS, Guohua Li, MD., DrPH., mengatakan bahwa sudah ada beberapa penelitian terdahulu mengenai bagaimana keadaan sosial seseorang memengaruhi kesehatannya secara menyeluruh.

" Semakin banyak bukti bahwa hubungan dan dukungan sosial bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan fisik, mental, dan kognitif. Isolasi sosial dan kesepian justru menghasilkan efek destruktif," ujar Guohua.

2 dari 4 halaman

Kesepian Itu Berbahaya

Kesepian ternyata memengaruhi kemampuan kognitif. ebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Geriatric Psychiatry pada Mei 2016 menemukan bahwa tingkat kesepian yang lebih rendah menghambat penurunan kognitif hingga 12 tahun.

3 dari 4 halaman

Punya Teman Curhat Bisa Menjaga Otak Tetap Sehat

Hasil studi menemukan bahwa orang yang memiliki teman curhat yang setia mendengarkan curahan hati mereka, ternyata memiliki kemampuan dan ketahanan kognitif yang lebih tinggi daripada yang tidak sama sekali.

" Mereka yang memiliki teman curhat yang baik kemungkinan besar menjaga kemampuan otaknya seiring waktu. Jadi, selain menjadi teman curhat, memiliki teman curhat yang baik dalam hidup dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kesehatan otak," tulis Joel Salinas, MD., pemimpin studi asal New York University Grossman School of Medicine, AS.

4 dari 4 halaman

Dukungan Sosial

Perlu digarisbawahi, hal tersebut juga harus disertai oleh empat jenis dukungan sosial. Empat jenis dukungan sosial yang dimaksud adalah:

  • Seseorang yang memberikan nasihat yang baik.
  • Seseorang yang menunjukkan cinta dan kasih sayang.
  • Seseorang yang menawarkan dukungan emosional.
  • Interaksi yang cukup dengan orang yang dipercaya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar