Minum Jus Seledri Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 26 Agustus 2021 17:03
Minum Jus Seledri Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?
Ternyata begini lho penjelasannya.

Jus seledri kini menjadi salah satu jus yang banyak digemari para selebriti. Terlebih semenjak rajin dikonsumsi oleh Chelsea Olivia dan Glen Alienski, banyak artis yang kini juga terlihat mengonsumsi jus ini.

Meski umumnya sayuran ini jadi toping pada makanan, namun ternyata seledri memiliki banyak manfaat lho. Jus seledri dipercaya sebagai minuman ampuh untuk menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Jus Seledri © Diadona

Jus seledri sering juga disebut dengan green juice atau green smoothies. Minuman ini disebut efektif untuk menghancurkan lemak jika dikonsumi selama sebulan penuh.

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, serat, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Jus Seledri © Diadona

Selain beberapa kandungan baik sebelumnya, jus seledri juga mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker yang sangat baik untuk kesehatan badan.

Ketika dijadikan jus, seledri memiliki kandungan antioksidan yang sama dengan apigenin dan luteolin. Namun, kandungan seratnya akan menghilang ketika seledri diolah menjadi jus.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Seledri © Diadona

Seledri memang memiliki segudang manfaat yang begitu melimpah untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, anggapan jus seledri yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan tak benar. Jus seledri ternyata tak seketika dapat menurunkan berat badan.

Namun, seperti dilansir dari Medical Daily, belum ada penelitian yang mendukung tentang hal ini.

“ Minum jus tidak akan secara ajaib melakukan hal tersebut. Jus seledri memang baik. Tapi kita tidak boleh membodohi diri sendiri dengan berpikir bahwa itu dapat membalikkan pola makan yang tidak sehat, membuat kita menurunkan berat badan atau menyembuhkan penyakit kita,” ungkap Kristin Kirkpatrick.

4 dari 5 halaman

Jus seledri memang mengandung berbagai manfaat yang bisa memainkan peran menurunkan berat badan, namun tak menjadi satu-satunya pendorong hasil akhir turunnya berat badan.

Jadi, kesimpulannya adalah satu makanan atau minuman saja tak cukup membantu mencapai berat badan ideal seseorang. Yang harus diingat adalah untuk dapat efektif menurunkan berat badan, jangan lupa untuk diikuti dengan pola makan yang sehat dan juga olahraga ya, guys.

Beri Komentar