Philophobia, Alasan Kamu Masih Aja Jomblo walau Udah Putus Bertahun-tahun

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 14 Februari 2020 07:52
Philophobia, Alasan Kamu Masih Aja Jomblo walau Udah Putus Bertahun-tahun
Takut memulai suatu hubungan lagi?

Kamu pernah heran nggak sih, sama orang yang dengan mudahnya gonta-ganti pasangan berkali-kali? Sampai mantannya bisa puluhan gitu? Sedangkan kamu masih aja jomblo sampai sekarang, walau putus sama mantannya udah bertahun-tahun yang lalu.

Iya, bukannya kamu jual mahal. Tapi untuk jatuh cinta lagi, untuk beberapa orang, itu nggak semudah masak air biar mateng. Bahkan, ada yang sampai takut untuk memulai lagi sebuah hubungan, takut untuk jatuh cinta lagi.

Ternyata, fenomena ini ada sebutannya dalam istilah medis, yaitu philophobia.

1 dari 5 halaman

(Philohobia apaan sih?)

Healthline menjelaskan, philophobia merupakan perasaan takut terhadap cinta atau takut jatuh cinta; takut untuk berhubungan secara emosional kepada seseorang.

Takut jatuh cinta ternyata masuk dalam kategori fobia ya. Karena rasa takut tersebut nggak wajar, soalnya jatuh cinta biasanya adalah hal yang kebanyakan orang inginkan.

Di situs Philophobia.info, fobia tersebut dijelaskan lebih rinci yaitu ketakutan yang nggak normal, nggak beralasan, dan bersikeras untuk larut dalam ketakutan akan cinta.

2 dari 5 halaman

Tanda-tanda Philophobia?

 

Ilustrasi Wanita Cemas © Diadona

Merasa cemas atau nervous terhadap lawan jenis memang hal yang wajar. Tapi, kalau berlebihan, bisa jadi itu tanda philophobia.

Ketika memiliki Philophobia, seseorang akan takut duluan untuk bertemu lawan jenis, bahkan padahal belum benar-benar bertemu.

Kalaupun akhirnya bertemu dan berhadapan dengan lawan jenis, kegugupan dan kegelisahan nggak wajar bakal hinggap pada dirinya. Bahkan bisa sampai terkena serangan panik: berkeringat, detak jantung nggak beraturan, sesak napas, sampai akhirnya ngibrit melarikan diri. Lawan jenis yang bertemu orang dengan philophobia pun bisa bingung sendiri dengan tingkah mereka.

3 dari 5 halaman

Kerugian dari Philophobia

 

Setiap manusia adalah makhluk sosial. Tapi orang yang memiliki philophia cenderung menghindari kontak dekat dengan lawan jenis, bahkan bisa menolak walau hanya ajakan berkenalan. Yang lebih parah, bisa-bisa menghindari semua orang, dan malah jadi anti-sosial.

Kalau sudah begitu, gimana bisa memecahkan rekor jomblo yang sudah berlangsung bertahun-tahun?

4 dari 5 halaman

Terus, kenapa seseorang bisa terkena philophobia?

Ilustrasi konsultasi psikolog © Diadona

Para psikolog dan psikiater nggak bisa memutuskan 100% apa penyebab pasti seseorang terkena philophobia, bisa bermacam-macam. Yang jelas, orang dengan philophobia memang ada, dan itu bisa berdampak buruk untuk menjalani kehidupan.

Penyebabnya bisa karena menyaksikan suatu kejadian yang membekas, misalnya orang tuanya, yang bercerai sehingga tertanam pikiran bahwa jatuh cinta menakutkan karena hanya berakhir dengan perpisahan.

Bisa juga karena overthinking terhadap penolakan sehingga seseorang lebih memilih menghindar dan lari.

Atau, yang paling sering terjadi, hubungan dengan sang mantan yang begitu pahit di masa lalu, sehingga menimbulkan trauma dan takut untuk memulai lagi suatu hubungan dengan orang yang baru.

5 dari 5 halaman

 Terus, philophobia bisa disembuhin nggak?

 

Seperti halnya phobia-phobia lainnya, philophobia bisa disembuhkan, kok. Tentunya, kamu harus pergi ke psikolog atau psikiater, agar mendapatkan konseling, terapi, dan obat-obatan yang tetap.

Jadi, untuk kamu yang jomblo bertahun-tahun dan takut untuk memulai suatu hubungan lagi, bisa jadi itu tanda kamu punya philophobia. Semangat, ya!

Beri Komentar