Penyebab Tangan Sering Kesemutan Terus-Menerus Ternyata karena Penyakit Ini loh!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 23 Juni 2020 16:01
Penyebab Tangan Sering Kesemutan Terus-Menerus Ternyata karena Penyakit Ini loh!
Penyebab tangan sering kesemutan nggak bisa dianggap sepele.

Ada beberapa kondisi yang bisa jadi penyebab tangan sering kesemutan. Bukan hal kecil, masalah ini nggak boleh diremehkan begitu saja. Sebab, bisa jadi tanda penyakit tertentu.

Bahkan kesemutan ini dari data kesehatan yang dipublikasikan Research Gate merupakan kondisi yang sering dialami para atlet. Dalam kasus yang ringan bisa terjadi karena tekanan saraf yang kaku. Namun, jika sering terjadi bisa karena kondisi kesehatan tertentu loh!

1 dari 7 halaman

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Penyebab Tangan Kesemutan © Diadona
Kesemutan memang bukan hal asing, sering sekali kondisi ini dialami. Namun apabila terlalu sering dan disertai rasa sakit, gatal, mati rasa sampai otot mengecil perlu kamu waspadai nih!

Soalnya salah satu penyebab tangan kesemutan adalah kerusaka saraf. Nah jenisnya bisa disebut dengan neuropati perifer yang mana bisa memengaruhi saraf dari otak dan sumsum tulang belakang.

Biasanya gejala awal dimulai dari kesemutan di area tangan dan kaki. Lama-kelamaan bisa mengakibatkan mobilitas menurun bahkan sampai cacat.

2 dari 7 halaman

Selain itu ada beberapa penyakit tertentu yang menjadi penyebab tangan sering kesemutan, yaitu:

Saraf Terjepit


Saraf terjepit bisa membuat kesemutan di bagian tubuh, salah satunya tangan. Selain itu juga bisa terjadi kesemutan pada leher, punggung dan kaki. Cedera, postur tubuh yang buruk hingga terjadi peradangan sendi menjadi penyebab saraf terjepit yang menimbulkan rasa nyeri.

Diabetes


Menderita diabetes bisa jadi salah satu penyebab tangan kesemutan. Soalnya dari 30% pengidap diabetes mengalami kondisi kesemutan di tangan dan kaki. Kemudian sekitar dua pertiga pengidap diabetes mengalami kerusakan saraf yang cukup parah.

3 dari 7 halaman

Gangguan Tiroid

Ilustrasi Sakit Tiroid © Diadona
Mengalami gangguan di kelenjar tiroid bisa mengakibatkan kerusakan saraf yang dikirim sinyalnya ke tangan. Padahal kelenjar tiroid di leher ini memiliki tugas menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh.

Penyakit Carpal Tunnel


Menderita penyakit carpal tunnel juga bisa menjadi penyebab tangan sering kesemutan. Penyakit ini terjadi karena adanya gerakan berulang atau getaran yang nantinya menekan saraf di pergelangan tangan.

Hal inilah yang membuat tangan jadi kesemutan. Bahkan bisa mengakibatkan jaringan di area saraf tangan membengkak.

4 dari 7 halaman

Stroke


Kemungkinan selanjutnya yang bisa menjadi penyebab tangan kesemutan adalah stroke. Sebab saat tangan kesemutan sampai mati rasa bisa jadi tanda awal kamu mengalami stroke. Gejala lain yang bisa dikenali adalah kesulitan berbicara, sulit memahami obrolan lawan bicara, mendadak pusing dan kehilangan keseimbangan.

Kekurangan Vitamin


Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama vitamin B yang memiliki fungsi menjaga sistem saraf tubuh. Kalau kekurangan vitamin B ini bisa mengalami gangguan, salah satunya tangan sering kesemutan.

Lain lagi cerita dengan tangan sering kesemutan yang terjadi pada keduanya yaitu kekurangan vitamin B12. Selain itu kamu juga jadi lesu, lelah bahkan anemia.

Rheumatoid Arthritis


Tangan kesemutan juga bisa diakibatkan rheumatoid arthritis yang biasanya sering mengganggu di malam hari. Selain itu sendi-sendi di tangan dan jari-jari juga terasa hangat, bentuk sendi cacat dan nyeri saat bangun tidur.

5 dari 7 halaman

Penyebab Jari Tangan Kesemutan Terus-Menerus

Penyebab Tangan Kesemutan © Diadona
Biasanya tangan akan kesemutan di bagian pergelangan dan jari-jari. Adapun berbagai penyebab jari tangan kesemutan terus-menerus lainnya, antara lain:

Melakukan Gerakan Secara Berulang


Tahu nggak, kalau dari kebiasaan melakukan gerakan yang diulang terus-menerus juga bisa menyebabkan tangan kesemutan. Misalnya seperti menulis, mengetik, mengangkat barang, mengendarai motor, mengangkat barangan dan lain sebagainya.

Kamu bisa meringankan gejala kesemutan ini dengan mengonsumsi obat yang ada kandungan ibuprofennya, serta vitamin B1, B6 dan B12.

6 dari 7 halaman

Sering Mengonsumsi Alkohol


Mungkin terdengar sepele, namun alkohol bisa mendatangkan berbagai macam penyakit termasuk gejala tangan kesemutan. Sebab, alkohol bisa menganggu saraf otonom yang tugasnya mengatur tubuh.

Merokok


Selain alkohol, rokok juga bisa menyebabkan gejala tangan kesemutan. Soalnya kandungan yang ada di dalam rokok bisa mengganggu sirkulasi darah yang tadinya kaya oksigen ke tulang dan jaringannya. Nggak hanya kesemutan bahkan tubuh juga akan terasa nyeri.

7 dari 7 halaman

Jadi itulah beberapa penyebab tangan sering kesemutan yang nggak bisa dianggap remeh. Biasakan untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan menghindari hal-hal buruk di atas ya!

Beri Komentar