Padahal Nggak Ada Hewannya, Sebenernya Sering Kesemutan Tuh Kenapa Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 21 April 2020 11:58
Padahal Nggak Ada Hewannya, Sebenernya Sering Kesemutan Tuh Kenapa Sih?
Kesemutan kan berasal dari kata semut, tapi nggak ada semutnya ih!

Kita semua pasti pernah mengalami mati rasa atau kesemutan pada anggota tubuh. Pada umumnya kesemutan terjadi ketika kita berdiam pada suatu posisi terlalu lama. Tapi sebenernya kesemutan tuh kenapa ya, padahal kan nggak ada hewan semutnya?

Sebenarnya hal utama yang menyebabkan kita jadi kesemutan adalah adanya masalah fungsi saraf, baik itu karena saraf terluka, ada sesuatu yang menekan saraf atau ketidakseimbangan unsur kimia dalam tubuh yang juga dapat mengganggu fungsi saraf. Nah seperti yang dilansir dari National Health Services UK, hal ini bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B-12, kalium, kalsium, natrium, konsumsi alkohol, obat-obatan dan kemoterapi.

Nah kesemutan pada umumnya memang suatu hal yang normal dan dialami semua orang. Namun jika kamu merasa kesemutan terjadi secara terus menerus, kamu juga perlu mulai mewaspadainya lho.

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Kaki Asam Urat © Diadona

Beberapa kemungkinan penyakit yang terjadi akibat kesemutan adalah saraf terjepit, gangguan aliran pembuluh darah tepi, diabetes melitus, hipertensi dan gangguan darah. Selain itu, ada juga lho jenis kesemutan kronis. Biasanya kesemutan jenis ini muncul sebagai gejala dari penyakit neurologis atau trauma kerusakan saraf. Gangguan ini bisa jadi merupakan tanda dari adanya stroke, multiple sklerosis, dan mielitis transversa.

Jadi, kesemutan terjadi bukan karena adanya semut ya. Ini hanyalah penyebutan karna rasanya yang hampir sama seperti dikerubungi para semut.

Kamu nggak perlu khawatir kalau mengalami kesemutan. Namun jika hal ini terjadi secara sering dan diikuti dengan gejala gangguan tubuh lainnya. Maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter lho ya!

Beri Komentar