Penyakit Kulit Kurap - Penyebab, Cara Mengobati dan Jenisnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 24 Maret 2021 09:19
Penyakit Kulit Kurap - Penyebab, Cara Mengobati dan Jenisnya
Penyakit kulit kurap memiliki bentuk yang khas seperti cincin berwarna merah dengan bagian kulit yang sehat di bagian tengah

Penyakit kulit kurap ditandai dengan bercak merah, benjolan yang gatal dan sisik pada kulit. Ini dianggap sebagai salah satu penyakit kulit akibat kurangnya menjaga keberesihan. Bener nggak sih hayo?

Dalam istilah medis, penyakit kulit kurap disebut dengan ringworm. 'Ring'; yang berarti cincin dan 'worm' yang berarti cacing pita. Memang sih, benjolan akibat penyakit ini bakalan berubah jadi semacam tambalan berbentuk cincin atau lingkaran. Bagian dalam lingkaran penyakit kurap ini biasanya bening atau bersisik, sedangkan bagian luarnya sedikit terangkat dan bergelombang. Tapi bukan berarti penyakit ini terjadi karena cacing pita ya, melainkan karena infeksi jamur.

1 dari 3 halaman

Penyakit Kulit Kurap © Diadona

Penyakit kulit kurap bisa muncul di bagian kulit mana saja, bahkan bisa di kulit kepala lho. Lalu apa penyebab penyakit kulit kurap ini?

Yakni infeksi tiga jenis jamur yang berbeda, yakni Trichophyton , Microsporum , dan Epidermophyton. Dikutip dari Healthline, kemungkinan tiga jenis jamur tersebut hidup sebagai spora di tanah. Dan manusia bisa terinfeksi ketika kontak dengan langsung dengan tanah ini. Pun penularannya juga bisa terjadi ketika ada kontak dengan manusia atau hewan yang terinfeksi.

Jamur-jamur penyebab penyakit kurap ini hidup dari zat yang disebut keratin, yakni jaringan yang ditemukan di banyak bagian tubuh manusia. Nggak heran bila mereka menginfeksi kulit, kan?

Setelah terjadi infeksi, dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu sampai gejala mulai muncul. Tahapannya berupa:

Fase Awal

Muncul bercak kulit yang teriritasi berwarna merah muda atau merah. Kondisinya masih belum mirip dnegan kurap, hanya saha sudah terlihat gejala kering.

Fase Kedua

Lesi atau ruam mulai muncul. Bentuknya seperti cincin dengan bagian tengah adalah kulit yang sehat sementara bagian tepi adalah area bersisik.

Penyakit kulit kurap dibedakan oleh ahli medis sesuai dengan lokasinya.

Penyakit Kurap Kulit Kepala (Tinea capitis)

Adalah penyakit kulit kurap yang terjadi akibat infeksi jamur superfisial pada kulit kepala, alis, dan bulu mata, dengan kecenderungan menyerang batang dan folikel rambut. Hati-hati ya karena kondisi ini bisa menular lewat sentuhan langsung ke kulit pengidap atau dengan hewan pembawa penyakit, seperti kucing, anjing, kuda, domba, sapi, dan babi.

Seperti apa gejalanya? Rasa gatal yang teramat sangat di kulit kepala, trus tampak bagian bulat yang botak, bersisik, berwarna merah, dan kadang-kadang bengkak.

Kurap Tubuh (Tinea Corporis)

Kurap pada tubuh tampak seperti ruam berbentuk cincin atau melingkar dengan ujung yang agak terangkat. Sedangkan kulit yang berada di tengah cincin terlihat seperti kulit yang sehat. Bagian kurap ini terasa gatal dan rawan menyebar.

Kondisinya semakin parah bila cincin penyakit kulit kurap inui berkembang sampai bergabung menjadi cincin yang lain. Bukan tidak mungkin muncul lecek dan juga nanah yang berada di dekat cincin tersebut.

Gatal-Gatal (Tinea Cruris)

Penyakit kurap ini mengacu pada infeksi kurap di sekitar pangkal paha, paha bagian dalam, dan bokong. Ini merupkaan infeksi yang umum terjadi pada pria dan remaja pria.

Kaki Atlet

Adalah nama dari penyakit kulit kurap yang terjadi pada kaki. Umumnya ini terjadi pada mereka yang suka bertelanjang kaki di tempat yang infeksi bisa saja terjadi, contohnya di uang ganti bersama, kolam renang, atau kamar mandi umum.

2 dari 3 halaman

Obat Penyakit Kulit Kurap

Penyakit kulit kurap memang mudah sekali menyebar, tapi bukan kondisi yang serius dan bisa diobati. Banyak sekali obat yang tersedia di pasaran untuk menyembuhkan kondisi ini. Kandungan obat tersebut adalah clotrimazole, miconazole, terbinafine, atau bahan-bahan yang ampuh.

Kalau kamu ragu membeli obat penyakit kulit kurap secara bebas, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter. Dokter bakaln meresepkan obat sesuai dengan keparahan infeksi. Contohnya nih untuk kurap pada tubuhm, kaki atlet dan gatal-gatal akan diberikan obat krim oles, seperti krim antijamur, gel,atau semprotan. Sedangkan untuk kurap yang muncul pada kulit kepala akan diresepkan obat oral.

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Penyakit Kulit Kurap secara Alami

Penyakit Kulit Kurap © Diadona

Ingin menjajal pengobatan penyakit kulit kurap secara alami? Ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan. Sayangnya nih metode ini masih berupa kepercayaan yang belum dibutikan secara ilmiah. Kamu cuman butuh beberapa bahan berikut ini:

Cuka Sari Apel

Rendam bola kapas ke sari apel trus tempelkan ke area yang terinfeksi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa digunakan untuk mngurabngi infeksi dengan cara mengoleskannya di area yang terkan. Praktik ini sudah dilakukan sejak dulu lho.

Kunyit

Kunyit dikenal dengan khasiatnya sebagai antiinflamasi. Sebagai obat alami penyakit kulit kurap, oleskan kunyit ini ke bagian yang terkan.

Dalam penggunaannya bahan alami tersebut, pastikan untuk tidak mengunakannya di atas obat lainnya.

Selain perawatan di atas, penting banget untuk mengkondisikan kulit agar jamur tak makin nyaman, misalnya dengan rajin membersihkan bagian tubuh yang terkena serta sering mengganti baju agar tak lembab.

Perawatan penyakit kulit memang terasa nggak nyaman di bagian tubuh yang terkena. Tapi dengan perawatan yang disiplin dan menjaga kebersihn, bukan nggak mungkin penyakit ini sepenuhnya hilang.

Beri Komentar