Penggunaan Eyeliner yang Gak Tepat Bisa Bahaya lho! Ini Penjelasan Dokter

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 4 Agustus 2021 07:27
Penggunaan Eyeliner yang Gak Tepat Bisa Bahaya lho! Ini Penjelasan Dokter
Siapa yang suka pakai eyeliner? Yakin udah tepat? Bisa bahaya buat kesehatan, lho!

Untuk menjaga penampilan, mata adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Terlebih pandemi membuat orang hanya menatap mata karena kewajiban menggunakan masker.

Agar mata terlihat lebih cantik, wanita yang menggunakan eyeliner. Tentu setiap wanita memiliki gaya sendiri dan terus berekspresimen untuk model eyeliner yang mereka mau, bukan?

 

1 dari 5 halaman

Wanita Pakai Eyeliner © Diadona

Melansir dari The Sun via Liputan6.com, ternyata penggunaan eyeliner yang tidak tepat bisa berbahaya kepada kesehatan dalam jangka panjang. Kebanyakan wanita menggunakan eyeliner di garis antara bulu mata dan mata. Kebiasaan ini nantinya bisa membuat mata dehirasi yang parah.

Dr Brittani Carver-Schemper, seorang dokter mata, menjelaskan di akun TikTok-nya mengapa dokter tidak menyarakan untuk menggunakan eyeliner di garis antara bulu mata dan mata. Hal ini berdasarkan pengalamannya saat menangani pasien yang melakukan hal tersebut, dan ternyata terdapat kerusakan yang terjadi terhadap pemakaian eyeliner yang keliru tersebut.

 

2 dari 5 halaman

" Pasien ini telah memakai eyeliner di warterline sejak remaja. Alasan dokter tidak menyarankan untuk memakai eyeliner di bagian ini karena ada kelenjar khusus yang memproduksi dan mengeluarkan minyak," jelas Dr Brittani.

" Minyak ini harusnya bertekstur seperti minyak zaitun, tapi seperti yang Anda lihat, di sini lebih mirip pasta gigi," lanjutnya.

Intinya, pemakai eyeliner seperti itu bisa menyumbatkan kelenjar Meibomian dan tidak menghasilkan air mata yang sehat.

 

3 dari 5 halaman

Wanita Pakai Eyeliner © Diadona

Kepada BuzzFeed, Dr Brittani juga mengatakan bahwa jika kelenjar Meibomian tidak berfungsi penuh, air mata yang keluar tidak berkualitas, bahkan bisa menyebabkan penyakit mata kering. Jadi untuk menghindari hal tersebut adalah dengan tidak menggunakan eyeliner di bagian waterline, apapun jenis eyeliner-nya.

Untuk mengenali penyakit mata kering cukup mudah. Jonathon Bench, Director Professional Affairs International, menjelaskan penyakit mata kering sederhananya air mata jumlahnya berkurang, entah karena produksinya sedikit atau terlalu mudah menguap. Penyakit ini ternyata juga umum terjadi.

 

4 dari 5 halaman

" Ini adalah kondisi umum, namun sering kali disalahpahami dengan masalah mata lain karena memiliki gejala yang sama seperti mata mudah merah, perih, dan gatal," ujarnya. " Kabar baiknya adalah gejala mata kering dapat dikelola, selama Anda tahu apa yang harus diwaspadai sehingga dapat mengidentifikasi penyebabnya dengan benar."

Selain menghindari penggunaan eyeliner di waterline alias antara bulu mata dan mata, untuk menghidari mata kering kamu juga perlu mengubah gaya hidup. Kurangi screentime, serta kalau bisa kenakan kacamata hitam saat di luar, agar mata terhindari dari kondisi berangin dan kering.

Beri Komentar