Tom Daley Atlet Loncat Indah Ini Punya Hobi Merajut, Seberapa Mindfulness untuk Kesehatan Mental?

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 3 Agustus 2021 10:56
Tom Daley Atlet Loncat Indah Ini Punya Hobi Merajut, Seberapa Mindfulness untuk Kesehatan Mental?
Atlet dunia ini punya hobi merajut ~

Baru-baru ini ramai di media sosial tentang seorang Olympic Champion yang sedang merajut di tengah pertandingan. Tom Daley tertangkap kamera ketika merajut sambil menonton teman-temannya di bangku atlet.

Bukan hal baru jika perasaan stress, tegang, deg-degan, dan tertekan sering terjadi ketika berada di arena perlombaan. Apalagi jika pundakmu mengemban tugas negara untuk bisa menjadi juara dan menampilkan hasil semaksimal mungkin. 

Tom Daley mengaku kalau kegiatan merajut ini sudah sering sekali dirinya lakukan. Merajut bagi dia merupakan kegiatan yang bisa membuat pikirannya tenang, bisa lebih fokus pada teknik saat pertandingan, dan melepaskan rasa stress dan ketegangannya.

Tom Daley yang merupakan atlet loncat indah yang mewakili tim GBR atau Great Brittany Raya ini juga membuat rajutan kantung medali emas yang didapatkannya ini. 

Tom Daley Knitting

1 dari 6 halaman

Manfaat Merajut

Menurut artikel Mental Health America, benar bawasannya kalau merajut adalah kegiatan mindfulness yang baik untuk menjaga kesehatan mental dan membuat kamu bisa lebih fokus. Dengan merajut, kamu bisa lebih memfokuskan diri kamu pada hal-hal yang sekiranya menjadi prioritas kamu. Selain itu, merajut juga dapat membuat kamu mengontrol emosi kamu dan mengalihkannya.

Nah, ini beberapa manfaat merajut yang seperti atlet Olimpiade Tom Daley lakukan :

2 dari 6 halaman

Mengatasi Kecemasan

Tom Daley KnittingTom Daley Knitting © instagram.com/olympics/

Terdapat penelitian yang menunjukkan kalau merajut memiliki efek yang terukur dalam menenangkan kecemasan dan menghilangkan stress. Dalam satu survei internasional, hubungan kuat terungkap antara rajutan dan perasaan tenang dan bahagia.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Rasa Sakit

Tom Daley KnittingTom Daley Knitting © instagram.com/tomdaley

Merajut dapat membuat rasa sakit yang kamu rasakan berkurang. Dalam satu penelitian, merajut ini menawarkan bantuan fisik dan dukungan sosial secara signifikan dalam membantu mengurangi perasaan dan efek dari rasa sakit kronis.

4 dari 6 halaman

Membantu Mengalihkan Pikiran

Kegiatan merajut yang dilakukan oleh Tom Daley ini memberikan efek bagi pikiran kamu. Efek ini adalah dengan membuat pikiran kamu teralihkan pada suatu hal yang benar-benar membantumu untuk bisa tenang. Dengan merajut membuat pikiran lebih fokus pada pola jahitan dan perasaan tenang muncul. 

5 dari 6 halaman

Membuat Lebih Percaya Diri

Tom DaleyTom Daley © instagram.com/tomdaley

Kepercayaan diri dalam pertandingan jelas dibutuhkan bagi seorang atlet. Pasalnya, jika kepercayaan dirimu goyah, maka pikiranmu akan pergi ke mana-mana dan kamu tidak fokus pada proses dan usaha yang telah kamu lalui. 

Dengan merajut, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu. Hal itu karena kamu bisa mengontrol pikiran kamu pada hal-hal yang baik saja.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Rasa Depresi dan Stress

Saat perlombaan, perasaan stress itu sering terjadi. Pikiran-pikiran tentang bagaimana kalau aku gagal? Bagaimana kalau teknikku tidak bagus? Bagaimana kalau aku tidak bisa mencetak catatan terbaikku? Dan lain sebagainya. 

Menurut British Journal of Occupational Therapy, merajut bisa membantu kamu melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari. Jadi, kegiatan yang dilakukan oleh Tom Daley proses bagi dia untuk menetralkan semua pikiran itu dan berfokus pada hal-hal yang bisa dirinya kontrol. Kegiatan ini sangat positif untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Jadi, hobi merajut yang dilakukan oleh Tom Daley, atlet loncat indah yang mendapatkan medali emas ini bisa banget untuk Diazen contoh, lho. Semoga kesehatan mental kita tetap terjaga dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Beri Komentar