8 Macam Shortcut Screensshot di Windows 11, Gampang Banget!

Reporter : Yoyok
Sabtu, 30 Maret 2024 13:33
8 Macam Shortcut Screensshot di Windows 11, Gampang Banget!
Buat yang butuh kerja sambil screenshot, shortcut berikut membantu banget nih.

Ada banyak shortcut screenshot Windows 11 yang bisa kalian coba. Seperti kita tahu, Windows 11 memiliki banyak fitur yang bisa dicoba oleh para penggunanya. Mulai dari pengaturan volume, mengatur brightness, hingga screenshot.

Ternyata, fitur screenshot pada PC semakin hari semakin dibutuhkan. Fitur satu ini bisa berguna untuk menyimpan bukti, menangkap scene di video, dan masih banyak lagi. Yang jelas, fitur screenshot sudah sangat dibutuhkan di PC.

Pada Windows 11, ada banyak shortcut screenshot yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa shortcut screenshot pada Windows 11 yang perlu kalian ketahui.

1 dari 4 halaman

Snipping Tool

Shortcut screenshot pertama dari Windows 11 adalah dengan aplikasi Snipping Tool. Aplikasi satu ini sudah ada sejak zaman Windows Vista. Walaupun ada kabar aplikasi ini bakal dihapus, namun nyatanya masih digunakan di Windows 11.

Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal klik New pada aplikasi tersebut. Snipping Tool bisa kamu cari di kolom search. Snipping Tool tidak secara otomatis menyimpan screenshot. Kamu harus menyimpannya secara manual di alat ini sebelum keluar dan secara otomatis menyalin gambar ke clipboard.

shortcut screenshot windows 11 © Diadona© shutterstock.com

Snip & Sketch

Selanjutnya ada Snip & Sketch yang bisa menjadi shortcut screenshot di Windows 11 selanjutnya. Caranya pun sangt mudah, yaitu kamu tinggal pencet tombol Windows+Shift+S secara berbarengan. Nantinya layar akan jadi redup dan akan ada kotak opsi kecil di bagian atas.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengatur bagian mana saja yang ingin disimpan sebagai screenshot. Selain tombol Windows+Shift+S, Snip & Sketch juga bisa diakses dengan menekan shortcut Fn+Print Screen.

2 dari 4 halaman

Print Screen

Selanjutnya yang tidak butuh tombol banyak adalah dengan menekan tombol Print Screen. Shortcut screenshot Windows 11 satu ini hanya butuh satu tombol lalu kamu bisa menyimpan screenshot satu layar.

Pertama-tama, klik tombol Print Screen yang sering kali bertuliskan " PrtSc" di keyboard. Setelah itu, film gambar yang kamu screenshot akan menjadi bentuk clipboard. Buka aplikasi Paint di Windows lalu tekan Ctrl+V.

shortcut screenshot windows 11 © Diadona© shutterstock.com

Windows + Print Screen

Cara berikutnya masih sama menggunakan Print Screen, namun dikombinasikan dengan tombol Windows. Secara bersamaan, klik tombol Windows+Print Screen.

Nantinya layar akan sempat redup yang menandakan bahwa screenshot kamu telah berhasil. Nantinya, file akan langsung tersimpan di Pictures pada folder Screensshots.

3 dari 4 halaman

Alt + Print Screen

Shortcut screenshot Windows 11 selanjutnya yaitu dengan menekan tombol Alt dan Print Screen. Shortcut kali ini cukup efektif untuk menangkap gambar yang sedang aktif bergerak, seperti video.

Secara bersamaan, klik tombol Alt+Print Screen. Lalu pindahkan gambar tersebut ke aplikasi editor gambar, seperti Paint.

shortcut screenshot windows 11 © Diadona© shutterstock.com

Tanpa Tombol Print Screen

Shortcut screenshot Windows 11 yang keenam yaitu tidak menggunakan tombol Print Screen. Cara ini cukup efektif bagi kamu pengguna keyboard yang tidak ada tombol Print Screen.

Kamu tinggal klik tombol Fn+Windows+Space. Nantinya, file screenshot tersebut akan otomatis disimpan di Pictures folder Screensshots.

4 dari 4 halaman

Game Bar

Shortcut screenshot di Windows 11 berikutnya yaitu dengan menggunakan game bar. Pertama-tama, aktifkan dahulu game bar pada settings. Setelah diaktifkan, kamu dapat mengaktifkan game bar dengan klik tombol Windows+G pada keyboard.

Kamu bisa screenshot pada game bar atau dengan shortcut Windows+Alt+PrtSc.

shortcut screenshot windows 11 © Diadona© shutterstock.com

Windows dan Volume Turun

Shortcut screenshot di Windows 11 terakhir yaitu untuyk kamu para pengguna Microsoft Surface. Caranya mudah banget, kamu tinggal tekan tombol logo Windows di bagian awah layar dan tekan tombol volume turun di sisi tablet. Nantinya layar bakal meredum dan file screenshot akan disimpan di Pictures folder Screensshots.

Itulah beberapa shortcut screenshot di Windows 11 yang bisa kamu coba. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar