Peneliti Teliti Adanya Kemungkinan Nikotin Untuk Perangi Corona, Jadi Rokok Baik Untuk Kesehatan?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 29 April 2020 12:25
Peneliti Teliti Adanya Kemungkinan Nikotin Untuk Perangi Corona, Jadi Rokok Baik Untuk Kesehatan?
Para peneliti asal Perancis menemukan adanya kemungkinan ini.

Saat ini para peneliti Prancis tengah menyiapkan uji coba pada manusia secara langsung pada manusia untuk mengetahui apakah nikotin bisa membantu tubuh menghadapi virus corona covid-19.

Dilansir dari TheIndependet.com, para ilmuwan mempunyai hipotesa mengenai unsur kimia nikotin yang ada pada rokok bisa mempengaruhi kemampuan molekul dari virus corona untuk menempel pada reseptor dalam tubuh manusia.

Proses uji coba ini nantinya akan melibatkan beberapa petugas medis dan juga pasien. Nantinya, sebagian dari mereka akan mengenakan perban nikotin dan sebagian akan memakai perban placebo.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Virus Corona © Diadona

Profesor Jean-Pierre Changeux dari Institut Pasteur Prancis mengatakan, " Virus datang ke reseptor dan nikotin menghalangi proses itu sehingga mereka terpisah."

Changeux bersama rekannya, Zahir Amoura, profesor di Rumah Sakit Universitas Pitie-Salpetriere, akan melakukan uji coba itu yang akan dimulai dalam waktu tiga pekan.

Namun, meski saat ini ada sebanyak 400 orang yang tengah di rawat di rumah sakit dengan gejala corona yang akan dilakukan tes pada mereka. Namun peneliti tetap menekankan jika penelitian ini bukan berarti menorong mereka untuk merokok.

 

2 dari 2 halaman

Profesor John Britton, direktur Pusat Studi Tembakau dan Alkohol Inggris, mengatakan, uji coba itu cukup menarik tapi dia menegaskan orang yang merokok sebaiknya segera berhenti, 
" Tapi hati-hati , ini bukan berarti tembakau bisa melindungi. Tembakau tetap membunuh."

Jadi meski tembakau sedang diteliti apakah dapat membantu mengatasi covid-19. Namun ini bukan berarti merokok baik untuk tubuh ya.

Beri Komentar