Pada Usia Berapa sih, Gigi Orang Tua Mulai Ompong?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 13 Agustus 2021 16:00
Pada Usia Berapa sih, Gigi Orang Tua Mulai Ompong?
Kapan sih orang tua mulai mengalami gigi ompong?

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan sebelum akhirnya masuk dalam tubuh dan dicerna oleh lambung.

Namun, seiring berjalannya usia, kekuatan gigi akan berkurang bahkan bisa ompong. Nah, pada usia berapa sih gigi mulai ompong? Dan gimana sih cara mencegahnya?

1 dari 4 halaman

Usia Berapa Gigi Lansia Mulai Ompong?

Ilustrasi Orang Tua OmpongIlustrasi Orang Tua Ompong © shutterstock.com/Denise Andersen

Sebenarnya, tak ada patokan pada usia berapa orang tua atau lansia mulai ompong. Pasalnya, gigi bukan organ mati seperti rambut yang bisa rontok dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.

Jika dirawat dengan baik sejak kecil, gigi seharusnya bisa berthanan seumur hidup. Gigi memiliki peran yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, bisa ikut menentukan apakah kamu punya kemungkinan panjang umur atau tidak. Oleh karena itu, jika kamu tak merawat gigi dengan baik sejak dini, maka kamu bisa aja mengalami gigi ompong di usia berapapun.

Jadi, penting banget nih untuk diingan, bahwa usia sebenarnya bukan faktor penentu kapan kamu mulai ompong atau kehilangan gigi.

2 dari 4 halaman

Dalam banyak kasus, beberapa hal ini bisa jadi penyebab gigi ompong yang harus diwaspadai.

1. Trauma

Yang pertama adalah trauma karena benturan keras atau pukulan yang mengenai area mulut dan menyebabkan gigi copot. Meskipun benturan tak langsung menyebabkan gigi copot, namun benturan itu bisa menimbulkan kerusakan gigi serius yang lambat laun menyebabkan gigi ompong atau harus dicabut.

2. Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu bisa menjadi penyebab gigi ompong di usia tua. Beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan gigi copot antara lain diabetes, osteomielitis, tekanan darah tinggi, rematik, dan autoimun.

3. Sakit Gusi

Penyakit gusi atau periodontitis adalah penyebab utama gigi lansia mudah copot. Pada lansia, plak bisa terbentuk dengan cepat di gigi. Hal ini tak hanya meningkatkan risiko kerusakan gigi, namun juga bisa menyebabkan penyakit gusi yang pada akhirnya bikin gigi lansia mudah copot.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Gigi Ompong

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar gigi tak cepat ompong di usia tua. Melansir dari hellosehat, berikut ulasannya.

1. Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2. Tak menyikat gigi terlalu keras. Menyikat gigi terlalu keras justru bikin gusi robek. Tak hanya itu, hal ini juga mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya gigi akan jadi lebih sensitif.

Ilustrasi Flussing GigiIlustrasi Flussing Gigi © shutterstock.com

3. Melakukan flossing gigi. Flossing gak cuma untuk mencabut plak dan sisia makanan yang terselip di sela gigi saja. Flossing juga bisa mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut yang disebabkan plak di speanjang garis gusi. Lebih baik lakukan flossing sebelum menggosok gigi.

4. Kurangi makanan manis.

Beri Komentar