Olahraga Tanpa Pakai Bra, Bagus Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 26 Januari 2021 12:27
Olahraga Tanpa Pakai Bra, Bagus Gak Sih?
Ada yang sering begini nggak?

Salah satu agar tubuh tetap sehat adalah rutin berolahraga setiap hari. Selama pandemi, atau bahkan sebelum pandemi, banyak orang termasuk para wanita yang akhirnya memutuskan untuk olahraga di rumah. Kebanyakan dari mereka mungkin memutuskan untuk berolahraga tanpa menggunakan bra dengan alasan tertentu.

Mungkin  agar bra tidak keringatan sehingga nggak banyak-banyakin cucian, atau emang nggak mau ribet aja. Masalahnya yang jadi pertanyaan, bagus nggak sih olahraga tanpa pakai bra itu?

Nah, ternyata malansir dari Live Strong, berolahraga tanpa menggunakan bra bisa jadi merugikan para wanita nih, terutama yang mempunyai ukuran payudara besar.

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi wanita olahraga di gym © Diadona

Payudara memiliki ligamen copper, yaitu jaringan ikat yang membantu mempertahankan bentuk dan kencangnya payudara. Secara alami, memang payudara akan mengendur seiring bertambahnya umur. Namun, berolahraaga tanpa bra nampaknya akan mempercepat hal tersebut. Ligamen akan terbebani, sehingga bisa menyebabkan proses kendur yang lebih cepat, bahkan disertai rasa sakit.

Jika berolahraga tanpa menggunakan bra terus-menerus, perenggangan jaringan ligamen bisa jadi merenggang secara permanen terlepas ukuran payudaranya kecil atau besar. Namun perihal rasa sakit, sebuah penelitian di tahun 2015 yang diterbitkan di Clinical Jurnal of Sports Medicine, payudara besar akan terasa lebih sakit daripada mereka yang berpayudara kecil akibat olahraga.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Olahraga Tanpa Bra © Diadona

Khusus kasus berolahraga lari tanpa bra, puting payudara bisa menjadi korbannya. Puting bisa jadi pecah-pecah, sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan alias rasa sakit. Gejala yang timbul bisa berupa kemerahan, lecet, nyeri, dan bahkan pendarah anpada puting.

 

Beri Komentar