Rayakan Bulan Kesehatan Nasional Bersama Alodokter, Menuju Indonesia Sehat

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 23 November 2022 15:39
Rayakan Bulan Kesehatan Nasional Bersama Alodokter, Menuju Indonesia Sehat
Yuk bareng-bareng wujudkan Indonesia yang selalu sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik

Setiap tanggal 12 November Indonesia akan memperingati Hari Kesehatan Nasional. Tentu saja hal ini menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia bersama pemerintah beserta institusi-institusi terkait yang menyediakan akses kesehatan untuk bersama-sama menjaga kesehatan demi kualitas hidup yang lebih baik kedepannya.

Di Hari Kesehatan Nasional ini Pemerintah bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”. Dengan melibatkan peran seluruh pihak terkait, pemerintah mengajak masyarakat untuk kembali bangkit dari kondisi pasca pandemi dan dan mempengaruhi kualitas hidup rakyat Indonesia dua tahun terakhir ini.

Alodokter sebagai platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia ingin mengimbau dan mengajak masyarakat untuk lebih peka terhadap pentingnya menjaga kesehatan, baik tubuh maupun pikiran. Ini dilakukan dalam rangka agar Indonesia bisa bangkit dan meraih tujuan jangka panjangnya, yakni bersama-sama menjaga generasi muda hingga tercapainya Generasi Emas 2045.

Alodokter memberikan 5 langkah yang dapat dilakukan agar masyarakat tetap sehat dan produktif. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk simak beberapa point di bawah ini ya Diazens!

1 dari 5 halaman

1. Bijak Mengatur Asupan Nutrisi (menghindari garam, gula, dan lemak berlebih)

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Di zaman yang serba instan, seperti sekarang, kita perlu memilah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sebaik mungkin. Kemenkes RI menganjurkan untuk membatasi asupan gula tidak lebih dari 4 sendok makan atau 50 gram/orang/hari, garam 1 sendok teh atau 5 gram/orang/hari, dan lemak 5 sendok makan atau 67 gram/orang/hari.

Dengan demikian, berbagai risiko kesehatan, seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi, bisa dicegah. Tentunya, disarankan juga untuk tetap memenuhi asupan nutrisi sehat secara seimbang dan minum air putih, setidaknya 8-10 gelas per hari.

2 dari 5 halaman

2. Rutin Berolahraga

Bulan Kesehatan Nasional Bersama Alodokter © Diadona

Meski sudah sering mendengar anjuran mengenai langkah yang satu ini, namun masih banyak orang yang menyepelekannya, bahkan enggan melakukannya. Padahal, selain menerapkan pola makan bergizi, berolahraga dengan rutin sangatlah penting untuk dilakukan.

Lebih dari membuat tubuh aktif dan bugar, berolahraga juga dapat menjaga kelancaran aliran darah, mencegah berbagai risiko penyakit, bahkan mengurangi stres. Tidak harus berolahraga berat, rutin beraktivitas fisik ringan-sedang, seperti berjalan santai, jogging, atau bersepeda, setidaknya 30 menit per hari atau setara dengan 150 menit per minggu saja, sudah cukup untuk mendukung kesehatan dan produktivitas tubuh.

3 dari 5 halaman

3. Mengelola Stres Dengan Baik

Ilustrasi Perempuan Bahagia © Diadona

Stres yang berlebihan bisa memicu pelepasan hormon kortisol yang dapat mengganggu produksi limfosit, yakni bagian dari sel darah putih yang berperan penting dalam imunitas. Makanya, penting pula bagi kita untuk menemukan cara mengelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan latihan pernapasan, bermeditasi, mengatur skala prioritas, dan berbagi keluh kesah dengan orang yang bisa dipercaya, bila perlu, dengan tenaga profesional, seperti psikolog atau psikiater.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan layanan telemedisin untuk berkonsultasi langsung via chat bersama psikolog dan psikiater, seperti yang tersedia di Alodokter.

4 dari 5 halaman

4. Mencukupi Istirahat

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Salah satu langkah yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas adalah mencukupi istirahat. Istirahat yang cukup dapat memberi tubuh waktu untuk mengembalikan tenaga, menyegarkan pikiran, memperkuat daya ingat, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, serta mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, cukupilah istirahat dengan tidur minimal 7-9 jam tiap malamnya.

5 dari 5 halaman

5. Persiapkan Vitamin Dan Obat-obatan

Ilustrasi Obat Herbal © Diadona

Guna menunjang berbagai upaya yang telah disampaikan sebelumnya, penting bagi kita untuk mempersiapkan vitamin, suplemen, maupun obat-obatan yang mungkin diperlukan sebagai upaya pencegahan, maupun pertolongan pertama. Untuk mendapatkannya secara praktis, bisa manfaatkan layanan Aloshop, solusi aman dan terpercaya dari Alodokter untuk berbagai kebutuhan kesehatan, sesuai anjuran dokter. Sebagai bagian penting dari fasilitas telemedisin yang dimiliki Alodokter, Aloshop telah bekerja sama dengan rekanan penyedia obat, produk kesehatan dan kecantikan, serta kebutuhan ibu dan anak, yang resmi, aman, dan terpercaya.

Aloshop membantu pengguna dengan kemudahan membeli obat dan produk kesehatan dengan kualitas dan mutu obat yang terjamin, dan yang terpenting adalah pesanan akan dikirimkan kurang dari 1 jam setelah pemesanan dilakukan.

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi web www.alodokter.com dan kunjungi Instagram @alodokter_id.

Beri Komentar