Kebiasaan Ngupil Ternyata Bisa Membahayakan, Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 19 Desember 2020 16:25
Kebiasaan Ngupil Ternyata Bisa Membahayakan, Kenapa Ya?
Bukannya makin bersih, ternyata mengupil bisa menimbulkan dampak ini lho.

Membersihkan kotoran di lubang hidung atau ngupil merupakan hal yang wajar dilakukan. Banyak kotoran yang menumpuk di area ini karena menyaring oksigen yang diserap hidung. Kotoran ini perlu dibersihkan agar tak mengganggu pernafasan.


Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengupil seperti cotton bud atau menggunakan jari tangan.

Tapi kamu tau nggak sih, jika terlalu sering mengupil justru berbahaya lho. Dilansir dari halodoc.com, simak berikut ini yuk!

1 dari 2 halaman

Infeksi Lubang Hidung

Ilustrasi Mengupil © Diadona

Jadi salahh satu bahaya yang paling sering terjadi. Kondisi ini diakibatkan karena jari yang kotor ketika di masukan ke dalam hidung. Bakteri yang dapat berpindah dari jari ke hidung meningkatkan kemungkinan adanya infeksi lubang hidung, seperti infeksi vestibulus.

 

Bisul di Hidung Bagian Dalam

Bakteri yang paling sering dialami akibat ngupil adalah staphylococcus aureu. Ini adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi jerawat atau bisul di lubang hidung.

2 dari 2 halaman

Terlukanya Lapisan Rongga Hidung

Ilustrasi mengupil © Diadona

Ketika mengupil dengan kuku tajam, lapisan rongga sangat mungkin terluka. Hal ini karena rongga hidung memiliki pembuluh darah yang terluka dan dapat menyebabkan mimisan, atau keluarnya darah dari rongga hidung.


Perforasi Septum


Kebiasaan mengupil terlalu dalam juga dapat menyebabkan perforasi septum. Ini adalah kondisi dimana terdapat luka atau lubang pada septum (pembatas antara lubang hidung bagian kanan dan kiri). Pada kasus yang parah, kondisi ini perlu diatasi dengan tindakan operasi.

Nah itu dia kemungkinan buruk yang terjadi jika terlalu sering membersihkan hidung dengan mengupil. Jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan jari atau cotton bud yang digunakan ya. Dan satu lagi, jangan terlalu sering ya guys!

Beri Komentar