Nggak Cuma Hewan, Ternyata Manusia Juga Bisa Punya Rambut Lebat di Sekujur Tubuh Lho!

Reporter : Mila
Jumat, 29 Mei 2020 14:57
Nggak Cuma Hewan, Ternyata Manusia Juga Bisa Punya Rambut Lebat di Sekujur Tubuh Lho!
Fenomena apakah ini?

Punya rambut halus di tubuh memang hal yang wajar. Umumnya rambut halus pada manusia itu nggak bisa panjang layaknya rambut kepala. Tapi, dalam beberapa kasus ada manusia yang punya rambut super lebat bahkan sampai sekujur tubuh. Waduh, sudah seperti manusia serigala ya.

Eits, tapi ini bukan sekadar cerita mistis, karena nyatanya hal ini bisa dijelaskan dari kacamata medis. Yuk simak penjelasannya!

 

1 dari 3 halaman

Hypertrichosis © Diadona

Hypertrichosis (hipertrikosis) adalah kelainan langka yang ditandai dengan pertumbuhan rambut yang terlalu cepat dan berlebihan di sekujur tubuh. Hipertrikosis bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki ataupun perempuan dan biasanya akan bertambah lebat seiring berjalannya waktu.

Hipertrikosis ternyata memiliki banyak macam, antara lain:

  • Hipertrikosis kongenital lanuginosa: Pertama kali muncul sebagai rambut halus yang tumbuh normal waktu bayi baru lahir. Tapi, setelah berminggu-minggu, rambut ini semakin lebat dan ada dibeberapa bagian tubuh bayi.
  • Hipertrikosis kongenital terminalis: Pertumbuhan rambut abnormal dimulai waktu lahir terus bertumbuh. Rambut ini biasanya panjang dan tebal, bahkan sampai menutupi wajah dan tubuh.
  • Nevoid hypertrichosis. Pertumbuhan rambut yang berlebihan dalam bentuk apapun tampak di area tertentu.
  • Hirsutisme: Bentuk hipertrikosis ini khusus terjadi pada wanita. Ditandai dengan pertumbuhan rambut tebal pada bagian tubuh wanita yang biasanya nggak memiliki rambut, seperti wajah, dada, dan punggung.
  • Acquired hypertrichosis.: Kondisi ini cenderung berkembang di kemudian hari. Kelebihan rambut lebat bisa tumbuh terbatas di sebagian kecil area tubuh saja atau di sekujur tubuh.

2 dari 3 halaman

Hypertrichosis © Diadona

Hipertrikosis terjadi karena adanya mutasi genetik yang merangsang pertumbuhan rambut. Khusus pada kasus hirsutisme, pertumbuhan rambut disebabkan oleh warisan genetik ayah yang menyebabkan kelebihan produksi androgen.

3 dari 3 halaman

Hypertrichosis © Diadona

Yang namanya bawaan genetik, pastinya nggak bisa dicegah dan diobati. Namun, ada beberapa cara menghilangkan rambut tersebut agar lebih percaya diri, misalnya dengan mencukur dan waxing. Tentunya cara ini harus terus menerus dilakukan untuk menghilangkan rambut halus yang mengganggu penampilan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar