Meski Tanpa Air Mata, Kenapa sih Bayi Selalu Nangis Ketika Lahir?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 8 Agustus 2020 09:25
Meski Tanpa Air Mata, Kenapa sih Bayi Selalu Nangis Ketika Lahir?
Ternyata ini lho alasan bayi selal

Menangis adalah hal pertama yang selalu dilakukan bayi saat baru pertama lahir di dunia. Ini merupakan halnormal yang akan terjadi bayi.

Nah, proses menangis ini memiliki banyak makna lho. Namun ternyata tak banyak orang tua yang menyadari penyebab hal ini.

Dilansir dari berbagai sumber, pada dasarnya tangisan pertama pada bayi merupakan pertanda banyak hal.

1 dari 2 halaman

ilustrasi bayi nangis © Diadona

Karena ini adalah suara pertamanya, halini dapat menjadi cara penyampaian emosinya. Selain itu ini juga merupakan caranya untuk pertama kali berkomunikasi dengan sang Ibu.

Selama dalam rahim, bayi akan merasakan hangat, sunyi dan nyaman. Sedangkan saat lahir, dunia diluar rahim akan terasa dingin baginya.


Tak hanya itu, momen kelahirannya adalah momen pertama dimana bayo mulai menggunakan paru-parunya untuk bernafas sendiri. Proses ini tak mudah bagi sang bayi.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Meski begitu, menariknya bayi yang baru lahir akan menangis tanpa air mata. Karena umumnya, bayi baru dapat mengeluarkan air mata sebulan setelah mereka dilahirkan.

Nah jadi itu dia penyebab kenapa bayi selalu menangis saat baru lahir. Jika bayi tak menangis, ini justru menjadi suatu pertanda yang perlu diperiksa lebih lanjut oleh dokter.

Beri Komentar