Mengikuti Tren Pasang Berlian di Gigi, Aman atau Tidak?

Reporter : Mila
Kamis, 22 Juli 2021 18:57
Mengikuti Tren Pasang Berlian di Gigi, Aman atau Tidak?
Diamond teeth atau perhiasan yang dipasang di gigi bisa membuat tampilan makin memesona. Tapi apakah aman?

Pemasangan berlian di gigi atau diamond teeth kembali menjadi tren di kalangan para pesohor dan publik. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa klinik gigi menyediakan servis pemasangan diamond teeth bagi kamu yang siap merogoh kocek dalam-dalam demi memasang salah satu jenis perhiasan termahal di dunia ini.

Terkait: Perhiasan berlian wanita sebagai cincin tunangan

1 dari 4 halaman

Untuk Alasan Estetika

Diamond Teeth © Diadona

Diamond teeth merupakan salah satu bentuk reparasi gigi yang dilakukan lebih karena alasan estetika. Lempengan berlapis berlian dipasang dengan lem khusus yang biasanya bersifat temporer, tapi ada juga yang memasang berlian dengan terlebih dulu memakai mahkota gigi sehingga sifatnya lebih permanen.

Meski begitu, pemasangannya tetap harus dilakukan oleh dokter gigi yang kompeten. Kalau tidak, kamu bisa saja mengalami berbagai masalah kesehatan yang dapat menyerang gigi.

2 dari 4 halaman

Pembuatan Berlian Gigi atau Diamond Teeth

Di Amerika Serikat, untuk pemasangan berlian gigi rata-rata kamu harus mengeluarkan uang hingga ribuan dollar, itu pun belum termasuk biaya perawatan yang juga tidak murah. Tak heran jika kemudian banyak orang yang mengambil jalan pintas yang lebih murah dengan menempelkan sendiri berlian imitasi pada gigi mereka.

Tentu saja cara ini bukanlah prosedur pemasangan diamond gigi yang dianjurkan, apalagi kalau menggunakan sembarang lem. Bukannya membuat gigi makin berkilau, pemasangan berlian ini malah akan menyebabkan kerusakan permanen pada gigi.

Pemasangan berlian di gigi yang bersifat temporer sebetulnya sangat sederhana karena hanya melibatkan berlian dan lem khusus. Prosedur yang lebih rumit dilakukan kalau kamu ingin hasil yang lebih permanen.

Pada diamond gigi permanen, dokter terlebih dahulu akan menipiskan bagian atas atau depan gigi, kemudian memasang implan atau mahkota yang terbuat dari perak atau titanium. Setelah itu, kamu harus menunggu sekitar satu bulan agar mahkota tersebut menjadi padat, baru kemudian berlian dipasang di area tersebut.

3 dari 4 halaman

Bahaya Pasang Berlian Gigi

Diamond Teeth © Diadona

Meski belum ada studi lebih lanjut yang menunjukkan bahwa pemasangan diamond gigi bisa membahayakan kesehatan gigi dalam jangka panjang, tapi kamu harus tetap waspada masalah berikut:

  • Penumpukan Plak Gigi
    Seperti yang diketahui, plak bisa menjadi rumah bagi berbagai bakteri yang dapat merusak enamel gigi. Jika plak mengalami penumpukan, akan muncul gingivitis alias peradangan pada gusi. Jika dibiarkan berlarut-larut, bakteri akan terus menusuk bagian dalam gigi hingga merusak akar gigi.
  • Gangguan Artikulasi Gigi
    Artikulasi gigi adalah gesekan yang terjadi antara gigi atas dan gigi bawah ketika sama-sama sedang bergerak atau berada dalam posisi tengah. Pemasangan berlian di gigi yang tidak pas dipastikan akan mengganggu artikulasi ini sehingga kamu merasakan ketidaknyamanan.

4 dari 4 halaman

Tips Merawat Diamond Teeth

Kalau kamu sudah terlanjur atau tetap ingin memasang diamond gigi, maka wajib hukumnya untuk membersihkan gigi dengan lebih cermat demi menghindari sakit gigi. Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan:

  • Kalau kamu memasang diamond gigi yang tidak permanen, lepaskan berlian tersebut dari gigi sebelum makan dan pasang kembali setelah membersihkan gigi.
  • Pastikan kamu selalu membersihkan berlian tersebut sebelum dipasang ke gigi untuk memastikan berlian itu bebas bakteri maupun sisa makanan.
  • Gunakan pembersih berlian yang aman jika tertelan.

Jangan lupa juga, seringlah konsultasi kesehatan gigi pada dokter. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Beri Komentar