Menelan Dahak Dapat Memperparah Kesehatan, Bener Nggak sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 12 Juli 2020 08:25
Menelan Dahak Dapat Memperparah Kesehatan, Bener Nggak sih?
Hayo, kamu biasa menelan dahak?

Saluran pernafasan setiap ahrinya akan memproduksi dahak, namun ketika batuk tubuh akan memproduksi dahak secara berlebih. Namun sering kali entah itu disengaja atau pun tidak, kita justru menelannya.

Sebenarnya menelan dahak tidak memberikan bahaya yang terlalu buruk. Meski dahak berisi bakteri-bakteri buruk, namun nantinya dahak tersebut akan dicerna dalam lambung dan asam lambung akan dinetralisir kuman-kuman yang ada.

 

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Batuk © Diadona

Menelan dahak memang tak nyaman untuk dilakukan, karena itu kamu dapat membuangnya saja. Namun karena dahak berisi dengan bakteri, kamu perlu memperhatikan tempat membuangnya ya.

Karena hal ini bisa menularkan penyakit pada orang lain lho jika sembarangan.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Batuk © Diadona

Sebenarnya mengeluarkan dahak dapat membuatmu jadi lebih mengetahui infeksi apa yang sedang kamu alami. Jika dahak berwarna kuning pekat atau kehijauan hal ini dapat menunjukkan infeksi bakteri atau virus.

Namun jika dahak berwarna kemerahan atau seperti batuk berdarah maka bisa menandakan infeksi pernapasan serius, seperti TBC, bronkitis, pneumonia, hingga kanker paru.

Nah jadi sebenarnya aman saja kok kalau mau menelan dahak. Tapi ingat ya, jika mengeluarkannya di luar tubuh, pastikan kamu membuang di tempat yang tepat.

Beri Komentar