7 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, Walaupun Enak Tapi Berbahaya lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 20 Januari 2021 17:19
7 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, Walaupun Enak Tapi Berbahaya lho!
Ada pula makanan penyebab kolesterol yang sebenarnya terjadi karena proses pengolahannya yang keliru, misalnya nih telur yang baik untuk kesehatan namun digoreng dengan minyak jelantah.

Makanan penyebab kolesterol awalnya dipandang sebagai penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, yang kemudian berkontribusi sebagai penyebab berbagai macam penyakit. Tapi ternyata banyak yang salah kaprah mengenai zat yang satu ini.

Apa sih kolesterol itu?

Jadi kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan pada tubuh dan produk hewani seperti daging, telur dan juga susu. Dalam tubuh, koleterol punya peran penting untuk produksi hormon, vitamin D dan empedu yang diperlukan untuk mencerna lemak.

Selain itu, kolesterol merupakan komponen penting dalam sel tubuh yang berfungsi buat ngasih kekuatan dan fleksibilitas membran sel.

Tubuh menghasilkan kolesterol melalui hati, meskipun kolesterol juga bisa didapatkan dari makanan. Kolesterol nggak bercampur dengan darah dengan baik, yang akhirnya membuatnya diangkut oleh partikel yang disebut lipoprotein, termasuk lipoprotein densitas rendah dan densitas tinggi - atau LDL dan HDL.

Melansir Healthline, LDL disebut juga dengan kolesterol jahat karena sering dihubungkan dengan penumpulkan plak. Nah kalau HDL sering disebut dengan kolesterol baik karena membantu mengeluarkan kelebihan kolesterol dari tubuh.

Saat tubuh makan terlalu banyak makanan penyebab kolesterol maka tubuh bakalan mengurangi produksi kolesterolnya. Sebaliknya, konsumsi kolesterol menurun maka tubuh bakalan memproduksi lebih banyak zat ini.

Pertanyaanya, apakah makanan penyebab kolesterol ini berbahaya?

Gini nih, kolesterol dalam makanan disebut nggak mempengaruhi jumlah kolesterol dalam tubuh secara signifikan. Malahan nih dalam beberapa penelitian bilang kalau kolesterol dalam makanan tuh nggak berkaitan dengan penyakit jantung.

Namun masalahnya adalah nggak semua makanan penyebab kolesterol adalah makanan yang yang emmang mengandung kolesterol, melainkan lebih kepada proses pengolahannya. Seperti apa sih? Yuk simak dalam ulasan berikut.

1 dari 3 halaman

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Makanan Penyebab KolesterolMakanan Penyebab Kolesterol © 2021 qsrmagazine.com/

Menghindari makanan penyebab kolesterol disebut sebagai cara yang paling umum untuk pencegahan penyakit jantung. Lebih disarankan untuk menilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh daripada yang mengandung lemak jenuh atau trans. Kenapa demikian?

Lemak Tak Jenuh : Lemak tak jenuh tertentu dapat membantu meningkatkan laju penyerapan kembali dan pemecahan kolesterol jahat oleh hati.
Lemak Jenuh : Bakalan memerintah hati kita buat memproduksi lebih banyak kolesterol jahat.
Lemak Trans : menyebabkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik.

Nah kalau udah mengerti, yuk ketahui apa aja makanan penyebab kolesterol jahat atau makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans berikut ini:

Kentang Goreng

Kemtang goreng di gerai fast food baisnaya digoreng dengan menggunakan minyak sayur yang dicampur dengan minyak hidrogenasi untuk menghasilkan kentang yang renyah tahan lama. Nah, ini nih makanan penyebab kolesterol

Margarin

Margarin dibuat dari minyak sayur yang dihidrogenasi untuk menghasilkan bentuk yang padat. Dalam proses tersebut penelitian nunjukin kalau margarin jaid mengandung banyak lemak trans

2 dari 3 halaman

Makanan Penyebab KolesterolMakanan Penyebab Kolesterol © 2021 today.com

Produk Roti

Yup, mulai dari muffin, kue kering, pai dan makana lainnya yang dibuat denga npenambahan mentega atau margarin. Saat ini kedua bahan tersebut dibuat dari minyak terhidrogenasi parsial yang membuat makanan tersebut masuk dalam daftar makanan penyebab kolesterol.

Gorengan

Makanan yang digoreng dengan minyak kelapa sawit mengandung lemak jenuh, lemak tarns dan juag tinggi kalori yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan mengurangi kualitas kesehatan secara keseluruhan.

Makanan Cepat Saji

Kenapa? Karena makanan ini dimasak dengan memasukkan banyak lemak tak sehat misalnya lemak tak jenuh ekstra, lemak trans dan juga kalori di dalamnya.

Makanan yang Digoreng dengan Minyak Berulang

Yes, kita menamakannya dengan minyak jelantah. Kenapa sih makanan yang digoreng dengan minyak jelantah bisa jadi makanan penyebab kolesterol? Ini karena setiap kali suatu minyak diberi panas, maka jumlah lemak transnya meningkat.

Makanan yang Mengandung Shortening

Shortening kerap digunakan untuk memasak atau memanggang sebagai alternatif yang murah ketimbang mentega. Warnanya pucat dan nggak berasa serta mengandung lemak trans.

Secara alami terdapat beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi namun justru baik untuk peningkatan HDL dan nggak meningkatkan jumalh LDL dalam darah, antara lain:

  • Telur
  • Keju
  • Kerang
  • Yogurt

3 dari 3 halaman

Penyebab Kolestrol Tinggi Selain Makanan

Makanan Penyebab KolesterolMakanan Penyebab Kolesterol © 2021 splendidtable.org/

Kayak yang udah Diadona jelasin tadi bahwa kolesterol yang ada dalam tubuh dibawa melalui darah dengan melekat pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol ini disebut lipoprotein. Berdasarkan yang dibawa oleh protein tersebut ada dua jensi kolesterol yaitu :

  • LDL atau low density lipoprotein yakni kolesterol jahat
  • HDL atau high density lipoprotein atau kolesterol baik.

Nah selain makanan penyebab kolesterol LDL naik, ada juag beberapa hal lain yang bikin terjadinya peningkatan kadar kolesterol jahat antara lain:

Kegemukan

Kalau indeks massa tubuh kamu lebihd ari 30 maka risiko terkena kolesterol tinggi bakalan meningkat

Kurang Olahraga

Olahraga membantu meningkatkan HDL tubuh sekaligus meningkatkan ukuran partikel yang membentuk LDL, atau kolesterol " jahat" , yang membuatnya kurang berbahaya.

Merokok

Karena merokok bakalan merusak dinding pembuluh darah, membuatnya lebih rentan menumpuk timbunan lemak. Merokok juga dapat menurunkan tingkat HDL.

Umur

Semakin banyak umum maka kemampuan hati buat menhilangkan kolesterol jahat jadi berkurang

Diabetes

Gula darah tinggi juag berpotensi merusak lapisan arteri trus berkontribusi pada pembentukan very low density lipoprotein.

Makanan penyebab kolesterol emang wajib banget dihindarin, tapi penting juga untuk melakukan aktivitas yang sehat seperti banyak olahraga dan juga kurangi merokok.

Beri Komentar